Kalau Mau Rekrut Pegawai Dari Anggota TNI, KPK Harus Revisi UU KPK Terlebih Dahulu

Kalua Mau Rekrut Pegawai Dari Anggota TNI, KPK Harus Revisi UU KPK Terlebih Dahulu

Kabar yang saat ini tengah angat dikalangan masayarakat adalah kabar terkait wacana KPK untukmerekrut pegawai dari anggota TNI. Hal ini tentus aja menjadi hal yang sangat mengejutkan banyak pihak, dimana dua lembaga ini memilki peran yang sangat berbeda jauh. Mengingat tugas TNI adalah menjaga kemanan republik ini dari segala macam serangan militer, sedangkan KPK memiliki peran untuk melawan tindak korupsi.

Perbedaan peran dari dua lembaga tersebut, tentunya bakal menjadi bentrok secara idiologi apabila KPK memutuskan untuk merekrut pegawai dari kalangan tersebut. Banyak hambatan yang akan menghadang KPK dalam mengambil prajurit TNI untuk menjadi bagian mereka.

Alasan KPK rekrut anggota TNI sebagai pegawai

Selama ini publik hanya melihat bagaimana tugas dan peran lembaga KPK dalam memberangus korupsi, namun belakangan lembaga tersebut seolah gentar dengan beberapa konflik yang terjadi didalamnya. Konflik yang paling nyata adalah konflik antara KPK dengan Polri, dimana konflik dua lembaga ini terus saja bergulir hingga menumbangkan banyak pejabat yang tergabung di dalamnya.

Aksi saling kecam dan aksi saling pidanakan, membuat Polri dan KPK seolah tidak dapat menyatu lagi. Hal inilaha yang memaksa KPK untuk bisa merekrut anggota baru selain dari kalangan Polisi, melainkan dari kalangan TNI.

Hal yang harus dilalui KPK jika ingin rekrut anggota dari TNI

Banyak kendala jika memnag benar KPK bakal rekrut anggota dari basis TNI. Salah satunya adalah merevisi Undang-Undang KPK. Pasalnya jika KPK terus ngotot untuk merekrut anggota TNI, maka bisa jadi para anggota yang telah mereka rekrut tersebut akan mendapat gelar pensiunan dini oleh lembaga TNI.

Apalagi jika anggota yang di rekrut KPK adalah anggota TNI yang masih aktif dalam bertugas, hal tersebut tentu saja bakal mengganggu proses tugas TNI sebagai aparatur Negara dalam basis pertahanan. Namun meski demikian Johan Budi selaku pimpinan KPK, telah menyatakan bahwa para anggota yang direkrut dari TNI, bukan dijadikan sebagia penyidik melainkan sebagai angota pendukung yang diklaim mampu memberikan keamanan serta kenyamanna bagi semua pihak.

Terima kasih sudah membaca artikel Kalau Mau Rekrut Pegawai Dari Anggota TNI, KPK Harus Revisi UU KPK Terlebih Dahulu, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - May 8, 2015