Kece Abis,Ternyata Daun Belimbing Wuluh Bisa Buat Isi Daya Baterai Lho !

Kece Abis,Ternyata Daun Belimbing Wuluh Bisa Buat Isi Daya Bateraio Lho !

Baterai, jika keadaanya sudah tidak bagus atau tidak memiliki daya lagi, bisa di buang dengan begitu saja kemudian membeli lagi yang baru. Untuk mengisi daya baterai biasanya seseorang membutuhkan carger atau sejenis pengisi daya yang lainnya yang memiliki aliran listrik. Namun saat ini ada penemuan serta inovasi baru tentang pengisian daya baterai.

Pengisian daya baterai tidak lagi menggunakan peralatan yang berhubungan dengan aliran listrik rumah tangga melainkan menggunakan daun belimbing wuluh. Bah, loh kok bisa ya ?, mau tahu, simak ulasan berikut ini!

Daun Belimbing Wuluh Bawa harum nama sekolah

Sebeuah penemuan menakjubkan telah di hasilkan oleh 4 siswa SMK Fadlun Nafis Bangsri, Kabupaten Jepara. Empat siswa ini bernama, Asifatun Hidayah, Desi Wulan Sari, Aghnia Norfa Nafisah, dan Ahmad yusuf Alfianto. Empat siswa ini telah menemukan sebuah formulasi hebat dari daun belimbing wuluh, berupa pengisi daya baterai.

Meskipun SMK Fadlun Nafis Bangsri masih baru berdiri dan belum genap satu tahun lamanya, namun karena penemuan hebat tersebut sekolah ini menjadi kian populer di Jepara. Kreatifitas dan pola pikir siswa didik di SMK tersebut sangatlah hebat, dengan penemuan menakjubkan tersebut telah mendapatkan kursi juara dalam ajang LKTI remaja yang diselenggarakan University Expo (Uniex) 2015 pada 24-26 Januari lalu.

Cara kerja, daun belimbing wuluh dalam mengisi daya baterai

Penelitian yang dilakukan selam lima hari oleh 4 remaja siswa SMK Fadlun Nafis Bangsri, menghasilkan penemuan hebat berupa pengisi daya baterai dari daun belimbing wuluh. Salah satu dari empat siswa ini menjelaskan, mengapa daun belimbing wuluh bisa dijadikan sal;ah satu alternatif pengisi daya baterai yang sudah mati.

Daun belimbing wuluh yang banyak tumbuh di indoneshia, mengandung asam sulfat yang bermanfaat sebagai elektrolisisi sel vota. Kandungan tersebut terdiri dari, sulfur, tanin, peroksida dan asam format. Asalm sulfat ini berelektrolit kuat sehingga dapat menghasilkan arus listrik. cara menggunakan daun belimbing wuluh cukup mudah, yaitu : Tumbuk daun hingga halus menggunakan mortir dan stamper, kemudian buang karbon baterai yang sudah mati, kemudian masukan tumbukan daun pada mulut baterai, lakban bagian tutup baterai agar rapat, setelah itu baterai sudah bisa anda gunakan. tambahan sedikit, untuk baterai ukuran A2 butuh 3-4 gr dan bisa menyalakan lampu berdaya 0,8 volta.

Terima kasih sudah membaca artikel Kece Abis,Ternyata Daun Belimbing Wuluh Bisa Buat Isi Daya Baterai Lho !, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - March 10, 2015