Keren! Seniman Swedia Menciptakan Alat Musik Dari 2.000 Butir Kelereng

Keren! Seniman Swedia Menciptakan Alat Musik Dari 2.000 Butir Kelereng

SokTau.com – Seorang seniman berbakat berasal dari Swedia yang bernama Martin Molin menciptakan sebuah musik yang sangat unik, karena ia menggunakan 2.000 butir kelereng serta peralatan kayu untuk membuatnya. Pria berusia 33 tahun tersebut menghabiskan waktu untuk merakit alat musik yang terbuat dari kayu tersebut, Ia melakukannya seorang diri.

Ilmu Fisika Menjadi Dasar Pembuatan Alat Musik

Kayu-kayu tersebut memiliki struktur berupa beberapa jalur kelereng yang berinteraksi dengan simbal, vibrovon dan drum. Berbekal kepiawaiannya dalam ilmu fisika dan permesinan Martin dengan percaya diri memulai proses pembuatan alat musiknya dengan tuas.

Saat percobaan pertama diawal pembuatan alat musik tersebut, di tuas roda utama terlontarlah ribuan kelereng yang akan menuju jalurnya masing-masing.

Saat itu mulai terdengar hasil musik yang begitu mencengangkan. Hasil suara dari alat musik tersebut seperti dibunyikan oleh sejumlah musisi atau program dari sebuah komputer.

Video Peragaan Alat Musik Unik Ini Sudah Ditonton 55 Ribu Kali

Pada sebuah video yang memperlihatkan kinerja dari alat tersebut. Alat yang digunakannya itu telah diproduksi teman senegaranya yaitu Hannes Knutsson. Dari pertama pengunggahan video tersebut di dunia maya hingga saat ini telah disaksikan lebih dari 55.000 kali.

Dia rela menghabiskan waktunya untuk mewujudkan proyeknya tersebut, yang mulanya Martin tinggal di bagian tengah Negara Swedia, ia  diharuskan pindah ke kota Gothenburg selama 14 bulan. Itu waktu yang tidak sebentar untuk menciptakan alat musik tersebut.

Baca Juga:

“apabila proyek tersebut mulai mendekati tahap akhir, semakin rumit untuk menyelesaikannya. Sangat aneh bisa begitu, pada saat akan selesai semua menjadi lamban karena beberapa masalah kecil yang tidak dapat saya ketahui sebelumnya.”

Pada awalnya perencanaaan ia mengira dapat menyelesaikan proyeknya tersebut hanya dalam waktu dua bulan saja, perkiraannya ternyata salah, Ia kemudian mengatakan bahwa alat ciptaannya tersebut lebih kompleks dari perkiraannya, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikannya.

“kita harus segera mulai menciptakan musik dari sekarang dan kurangi waktu untuk memungut kelereng dari lantai. Tapi hal tersebut sudah mejadi suatu bagian dari proyek itu.”

Terima kasih sudah membaca artikel Keren! Seniman Swedia Menciptakan Alat Musik Dari 2.000 Butir Kelereng, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - March 16, 2016