Konsumsi Air Dingin Jangan Berlebihan, Ini Akibatnya!

Ini Akibatnya Jika Kamu Berlebihan Konsumsi Air Dingin !

Ini Akibatnya Jika Kamu Berlebihan Konsumsi Air Dingin. Sudah lama orang beranggapan bahwa air dingin merupakan biang seseorang mengalami kegemukan. Tingkat kedinginan air minum sering kali di kaitkan dengan masalah obesitas, panas dalam, flu dan juga radang tenggorokan. Oleh karena itu banyak orang menyarankan agar kita mengkonsumsi air minum dengan suhu sedang bahkan hangat untuk membantu menghangatkan tubuh dan juga menghindarkan diri dari segala penyakit tenggorokan.

Namun pernyataan tersebut sempat menjadi perdebatan, pasalnya ada orang beranggapan bawa mengkonsusmi air harus disesuaikan dengan suhu tubuh. Dengan menyetarakan suhu tubuh dengan cairan yang dikonsumsi, proses metabolisme akan lebih seimbang. Lalu, pendapat manakah yang benar?

Konsumsi air dingin yang tepat

Mengkonsumsi air mineral merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang, pasalnya air mineral sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Namun munculnya spekulasi yang berbeda terkiat air mineral mana yang baik dikonsumsi membuat beberapa orang bingung, air mana yang baik diminum dan di cerna oleh tubuh.

Dokter Ani Sri Sukmaniah Msc, SpGK, Dokter Spesialis Gizi Klinik Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, menyatakan bahwa aturan mengkonsumsi air mineral sebaiknya disesuaikan dengan suhu tubuh dan juga suhu ruangan. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi air mineral yang sesuai dengan suhu tubuh saja tidak akan bisa mengatasi dahaga,oleh karena itu mengkonsumsi air mineral juga harus disesuaikan dengan suhu ruangan.

konsumsi air dingin harus sesuai dengan standar suhu yang tepat

Hidup di Negara yang kerap kali mengalami perubahan cuaca secara extream, membuat masyarakat perlu waspada dengan asupan makanan dan minuman yang akan diserap oleh tubuh.  Ketika cuaca sangat panas dan sangat terik, maka tubuh boleh mengkonsumsi air dingin dengan standar maksimal 5 derajat Celcius suhu air yang ada dalam tubuh.

Usai melakukan aktifitas olah raga misalnya, sebaiknya kita mengkonsumsi air dingin, karena iar dingin mampu mempercepat pergantian cairan tubuh setelah banyak mengeluarkan keringat. Namun jika anda mengkonsumsi air hangat, maka proses pergantian cairan tubuh kan berlangsung lebih lama. Jadi intinya, yang terpenting adalah mengkonsumsi air bukan dilihat dari suhunya melainkan dari jumlah air yang dikonsumsi setiap harinya, dan mengkonsumsi air dingin sama sekali tidak membuat tubuh gendut karen air dingin, panas ataupun suhu sedang mengandung kalori 0%. So, jangan berlebihan ya guys konsumsi air dingin.

Terima kasih sudah membaca artikel Konsumsi Air Dingin Jangan Berlebihan, Ini Akibatnya!, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 6, 2015