Kumpulan Makanan Khas Kalimantan Yang Bikin Ngiler

SokTau  – Masing-masing daerah di Indonesia tentu memiliki keunikan tersendiri yang bisa ditawarkan kepada masyarakat luas. Keunikan itulah yang nantinya akan dijual dan menjadi pendapatan utama bagi kota sebagai anggaran pendapatan kota yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk pembangunan. Berbicara mengenai keunikan yang dimiliki masing-masing kota yang ada di Indonesia, kini kita akan membahas mengenai kota Kalimantan dan sejuta kekayaan yang dimilikinya.

Makanan Khas Kalimantan

Kumpulan Makanan Khas Kalimantan Yang Bikin Ngiler

Selain menawarkan kekayaan alam yang melimpah, Kalimantan juga memiliki keunikan serta kekayaan dalam hal kuliner. Bagi Anda yang kebetulan sedang memiliki urusan kerja di Kalimantan atau sekadar berlibur kesana, maka Anda wajib mencicipi beberapa kuliner yang menjadi cirri khas Kalimantan. Apa sajakah makanan khas yang ditawarkan oleh Kalimantan?

Seperti halnya dengan kota lainnya di Indonesia, Kalimantan merupakan kota yang terbilang cukup kayak dengan kekayaan alamnya. Sayangnya, Kalimantan masih belum seramai Jakarta jika dilihat dari penduduknya. Bahkan, fasilitas pendidikan pun di sana juga terbilang masih sangat minim. Namun, penting untuk diperhatikan bahwasanya Kalimantan memiliki daya tarik tersendiri yang dijamin akan memuaskan lidah para pecinta kuliner. Berikut akan disajikan beberapa makanan khas Kalimantan yang wajib untuk Anda coba.

Nasi Kuning Samarinda

Siapa yang tak suka dengan yang namanya nasi kuning? Sudah pasti banyak masyarakat yang suka dan bahkan menggandrungi menu masakan yang satu ini. di Indonesia, nasi kung menjadi salah satu makanan yang melegenda. Biasanya di dalam perayaan tertentu dihadirkan menu nasi kuning. Salah satu menu masakan yang khas dan memiliki daya tarik tinggi di Kalimantan adalah nasi kuning Samarinda. Menu yang satu ini memiliki cita rasa yang tinggi dan jenis lauk pauk yang berbeda dengan nasi kuning pada umumnya.

Nasi kuning Samarinda memiliki warna kuning seperti halnya nasi kuning pada umumnya. Dalam menyajikannya, nasi ini dilengkapi dengan lauk pauk antara lain ikan haruan atau ikan gabus, telur bumbu bali, serundeng, dan bawang goreng. Ketika berada di Samarinda, Anda bisa menyantap menu spesial ini baik pagi atau pun malam hari.

Ayam Cincane

Ayam Cincane merupakan salah satu menu makanan yang biasanya hanya disajikan pada cara tertentu saja misalnya pernikahan. Akan tetapi, Ayam Cincane kini sudah banyak ditemukan di berbagai warung yang ada di Kalimantan timur. Ayam ini menjadi salah satu menu andalan ketika Anda berada di Kalimantan. Bahan dasar dari ayam Cincane ini adalah ayam kampung.

Baca juga: Tempat Makan Enak di Serpong Tangerang Selatan

Ayam ini menjadi spesial karena rasa santan serta beragam rempah-rempah lainnya sangat terasa. Ayam ini disajikan dalam bentuk ayam bakar. Selanjutnya disajikan dengan nasi putih hangat yang dilengkapi dengan sambel tomat yang enak dan pedas tentunya. Penasaran? Yuk kita jelajah wisata yang ada di Kalimantan beserta kuliner khasnya.

Terima kasih sudah membaca artikel Kumpulan Makanan Khas Kalimantan Yang Bikin Ngiler, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - February 10, 2017