Kumpulan Resep Makanan Sehat Untuk Buka Puasa

SokTau – Waktu memang berjalan sangat cepat dan tanpa bisa di kendalikan. Dan memang tidak terasa apabila beberapa hari lagi sudah memasuki bulan puasa. Bulan yang dinanti oleh umat muslim seleuruh dunia. Berbagai amalan, doa dan aktivitas sehari-hari pun bisa menjadi pahala besar. Pada bulan puasa pun tidak hanya sekedar puasa saja namun Anda juga harus memiliki niat untuk berpuasa kemudian sahur dan memperbanyak ibadah seperti sholat, berdzikir dan buka puasa. Selain itu Bulan puasa memanglah bulan yang sangat di tunggu- tunggu oleh seluruh umat muslim. Karena memang pada bulan puasa inilah dimana keluarga akan berkumpul bersama.

Resep Andalan Untuk Buka PuasaKumpulan Resep Makanan Sehat Untuk Buka Puasa

Dalam menghadapi bulan puasa tentunya Anda harus mempersiapkan fisik dan juga menjaga stamina dengan baik. Oleh karena itu, asupan gizi saat Anda mempersiapkan resep menu buka puasa tentu perlu diperhatikan dengan ekstra apalagi jika mengatur masalah gizi keluarga dan anak. Untuk masalah minuman buka puasa juga perlu diperhatikan kandungan gizinya agar tubuh Anda serta keluarga Anda kembali segar. Oleh karenanya untuk kali ini akan membahasa beberapa inspirasi menu resep buka puasa yang praktis, sehat dan sederhana cara membuatnya.

Resep menu buka puasa Opor Telur

Resp yang pertama adalah menu makanan opor ayam. Pasti Anda sudah tahu bukan bahwa pada bulan puasa memanglah identic dengan menu opor. Akan tetapi, pada menu ada yang berbeda pada bahan utamanya karena menggunkan telur bukan ayam. Telur nya sudah dalam bentuk sudah matang karena sudah di rebus. Telur sendiri sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan gizi pada saat melakukan ibadah puasa. Bahan lainnya untuk membuat opor pun sama dengan membuat opor ayam. Bahan yang digunakan adalah telur yg telah direbus, lengkuas, 2 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam, sereh, santan secukupnya, bawang merah, putih goreng, bumbu halus, kunyit seckpnya, 2 butir kemiri, 5 bawang merah, 3 bawang putih.

Menu buka puasa sayur lodeh

Menu yang satu ini memanglah banyak penggemarnya dan

walaupun menu ini cukup sederhana akan tetapi, resep sayur lodeh ini dapat menjadi pilihan untuk sajian makanan untuk buka puasa di rumah bersama keluarga. Apalagi cara untuk membuat menu buka puasa yang satu ini juga sangat simple dan praktis. Anda hanya perlu mencampurkan bahan yang diperlukan kemudian dimasak diatas kompor. Bahannya pun cukup sederhana seperti 3 siung bawang putih, 6 butir bawang merah, 3 butir kemiri, 1 sendok teh ketumbar,  1 sendok makan garam, kemudian gula putih secukupnya lalu bumbu tambahan lainnya seperti,    1 buah cabai merah,    3 buah cabai hijau, 1 cm lengkuas, 2 lembar daun salam, dan juga 1 buah tomat.

Buka puasa dengan pepes ayam

Kemudian resep yang satu ini adalah salah satu yang mungkin wajib ada pada setiap bulan ramadhan bagi sebagin orang. Makanan yang dipepes memanglah memiliki kandungan kolestrol yang rendah dan ini akan lebih baik dari pada menu makanan yang digoreng. Bahan untuk membuat pepes ayam antara lain adalah 1 Kg ayam dan jika anggota keluarga sedikit maka bisa menggunakan setengah kilo ayam,  3 daun kemangi atau dapat Anda berikan sesuai selera, 10 daun jeruk, 10 daun salam, 10 batang sereh ambil putihnya potong ukuran 10 cm, secukupnya asam jawa, tomat potong2 jadi 20 bagian atau sesuai selera, lengkoas potong 10, daun bawang iris halus, 10 buah cabai rawit merah, bungkus daun pisang untuk. Kemudian bumbu halus seperti  12 bawang putih, 12 bawang merah, 7 buah cabai kriting, 5 buah cabai rawit merah, 5 buah kemiri, 2 ruas jari jahe, 3 buah kunyit, 4 lembar daun jeruk, ketumbar, lada dan jangan lupa garam dan gula.

Resep menu buka puasa ayam rica rica

Menu yang satu ini memanglah menu yang cukup pedas. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika menu buk puasanya yang pedas dan ayam rica- rica ini adalah makanan favorit dari penggemar pedas. Perpaduan cita rasa dari ayam yang gurih dan di sertai dengan bumbu rica yang pedas memang mantap sekali untuk resep buka puasa bersama keluarga di rumah. Bahannya pun cukup mudah dicari yakni 1 ekor ayam kampung, bersihkan dan potong potong menjadi 10 atau 8 bagian, Jeruk nipis 2 biji dan garam, Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng dan menumis, daun bawang sekitar 4 atau 5 lembar, buang ujungnya dan potong dengan serong dengan panjang sekitar 1 cm, Sediakan juga daun jeruk sekitar 10 lembar, jangan lupa daun kemangi secukupnya, jeruk nipis 1 butir, garam, gula pasir, dan penyedap rasa secukupnya. Kemudian bumbu dapu seperti biasa yakni bawang merah, bawang putih dan cabai dengan sesuai selera.

Resep buka puasa soto ayam

Siapa yang tidak mengenal menu makanan soto ayam ini, karena makanan yang satu ini adalah makanan yang sangat khas dari Indonesia dengan bahan resep bumbu hanya ada di Negara Indonesia. Soto ayam memang terkenal dengan kuahnya yang berwarna kuning cerah serta rasa yang lezat dan juga gurih. Menu makanan  soto ayam ini dapat Anda jadikan sebagai inspirasi berbuka puasa yang sehat untuk anggota keluarga Anda.

Bahan yang digunakan adalah 1 ekor daging ayam, 200 gram kecambah, 200 gram kubis, 50 gram soun, 2 buah tomat, 4 buah kentang, 3 buah telur rebus, 2 liter air, Bawang goreng secukupnya, 2 lembar daun salam, 2 batang serai, 1 batang daun bawang, 25 gram lengkuas, 2 sendok makan minyak goreng, 5 gram kunyit, 15 gram jahe, 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 4 buah kemiri, 2 sendok makan garam, setangah sendok teh merica

Resep sambal goreng kentang

Resep masakan yang satu ini memanglah cukup sederhana dengan bahan dari kentang. Sambel goreng kentang ini sangat patut sebagai dijadikan pilihan dan juga inspirasi menu buka puasa bersama keluarga tercinta. Cara untuk membuat sambal goreng kentang ini juga sangat mudah dan cukup sederhana. Selain itu, masakan ini bisa Anda hangatkan kembali untuk digunakan sebagai sahur jika tidak habis.

Resep menu buka puasa rendang daging

Sebenarnya dalam menu sapi untuk berbuka puasa dan salah satunya adalah menu rendang sapi ini. Menu makanan resep daging mempunyai kandungan gizi yang cukup banyak dan juga protein sehingga sangat baik di konsumsi ketika buka puasa. Anda dapat menikmatinya bersama sepiring nasi putih hangat pasti bisa mengembalikan energi yang hilang setelah seharian puasa dan sangat pas sekali untuk menu sehat buka puasa bersama suami dan anak anak.

Baca juga : 4 Resep Masakan Sehat Untuk Bekal Anak

Nah, itulah beberapa resep makanan yang sehat untuk dijadikan menu buka puasa Anda bersama dengan keluarga tercinta. Smoga bermanfaat dan terima kasih.

Terima kasih sudah membaca artikel Kumpulan Resep Makanan Sehat Untuk Buka Puasa, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - May 11, 2017