Lakukan 4 Tips Sederhana ini Untuk Menjadikan Rambut Indah

SokTau – Penampilan menjadi hal yang sangat penting di zaman yang seba modern ini. ada banyak hal yang perlu untuk dirawat dan dijaga. Rambut merupakan salah satu bagian yang penting untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan rambut merupakan bagian yang mempengaruhi penampilan Anda. Menyadari bahwa tidak semua rambut secara alami menarik dan lurus, maka Anda perlu melakukan perawatan terhadap rambut Anda. Berbicara masalah rambut, seringkali banyak yang mengeluhkan bahwa rambutnya bermasalah dan cenderung membuatnya tidak percaya diri, utamanya saat berada di luar rumah. Ada banyak faktor yang bisa membuat rambut Anda menjadi bermasalah, diantaranya adalah kebersihan yang kurang terjaga, pola makan dan pola hidup yang kurang baik. Faktor keturunan, bahkan hingga faktor tidak cocok shampoo dan lain sebagainya.

Tips Sederhana Menjadikan Rambut Indah

Lakukan 4 Tips Sederhana ini Untuk Menjadikan Rambut Indah

Mengatasi masalah rambut bukanlah hal yang mudah, utamanya pada rambut kasar, kering, kusam, dan rontok. Masalah rambut tersebut harus segera Anda cegah atau Anda atasi supaya Anda bisa memiliki rambut yang sempurna tanpa masalah. Selain itu, survey telah membuktikan bahwa ternyata kondisi rambut sangat mempengaruhi suasana hati, utamanya pada cewek. Saat Anda memiliki rambut yang sehat dan berkilau, maka tentu Anda akan merasa cantik dan percaya diri. sebaliknya, jika rambut Anda kering, rusak, ujung rambutnya bercabang, terlihat kusam, berbentuk seperti megar, ternyata dapat merusak mood Anda. Selain beberapa hal yang disebutkan di atas, ternyata rambut kering bisa saja disebabkan karena kelembaban rambut yang berkurang. Kaitannya dengan hal ini, ada dua faktor yang menjadi penyebabnya, pertama adalah kulit kepala yang tidak mampu memproduksi minyak cukup sehingga rambut pun menjadi kering. Hal tersebut bisa disebabkan karena faktor usia. Semakin berumur seseorang, maka rambut akan memproduksi lebih sedikit minyak.

Sedangkan penyebab yang kedua adalah rusaknya bagian kutikula atau yang biasa disebut dengan lapisan pelindung rambut. kutikula rambut yang mengalami kerusakan bisa disebabkan karena terlalu sering menata rambut dengan menggunakan pengering rambut atau catok. Jika sudah mengalami kerusakan, kutikula akan mengelupas dan membuat rambut Anda tidak mampu lagi mempertahankan kelembabannya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan beberapa cara, diantaranya adalah dengan mengunjungi salon kecantikan atau melakukan perawatan secara mandiri. Sebenarnya, cara kedua ini lebih efisien dan lebih menghemat biaya dibandingkan dengan cara yang pertama. Berikut ini adalah beberapa cara merawat rambut kering, kusam, bercabang, lepek dan lain sebagainya yang bisa Anda jadikan bahan acuan.

Lakukan 4 Tips Sederhana ini Untuk Menjadikan Rambut Indah

Mencuci rambut dua hari sekali

Banyak orang yang percaya bahwa sering mencuci rambut akan membuatnya terlihat lebih sehat dan lebih berkilau. Padahal sebenarnya tidak demikian. Terlalu sering mencuci rambut justru akan dapat menghilangkan minyak alami dalam kepala dan selanjutnya menjadikan rambut Anda menjadi kering. Beberapa ahli perawatan rambut sering menyarankan supaya mencuci rambut minimal dua hari sekali. Utamanya bagi Anda yang memiliki rambut kering. Tetapi, jika Anda ingin menjaga kesegaran rambut, maka Anda  bisa mencuci rambut setiap harinya. Asalkan diselang-seling penggunaan shampoo dan kondisionernya. Kemudian, saat Anda mencuci rambut, utamakan untuk menggosok kulit kepala. Hindarilah menggosok rambut Anda karena justru akan dapat merusak rambut Anda.

Gunakan beberapa bahan alami

Selanjutnya, Anda bisa melakukan perawatan rambut Anda dengan menggunakan bahan alami yang memiliki kandungan protein tinggi. Bahan alami yang mengandung protein tinggi semisal telur yang dicampur dengan minyak  zaitun murni. Caranya sangat mudah, cukup dengan mengoleskan masker rambut alami tersebut secara merata kepada seluruh kulit kepala Anda selama kurang lebih 30 menit. Kemudian, bilaslah dengan menggunakan air yang hangat sampai bersih. Selain itu, kelembaban rambut kering Anda juga bisa meningkat dengan cara mengoleskan setengah sendok teh minyak kelapa  pada pertengahan hingga ujung rambut Anda. lalu, sisirlah rambut Anda secara merata dan bilaslah setelah didiamkan selama kurang lebih 30 menit. Pengolesan tersebut akan semakin efektif jika Anda lakukan setelah keramas.

Memotong bagian ujung rambut

Rambut yang terlalu kering dan sudah parah biasanya dapat mengakibatkan munculnya cabang. Sebenarnya, salah satu cara untuk mengatasi rambut yang bercabang adalah dengan cara memotong rambut. namun, pemotongan rambut bercabang tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Memotong bagian ujung rambut sebaiknya Anda lakukan di salon. Hal tersebut dikarenakan salon mempunyai alat pemotong khusus yang memiliki ketajaman sesuai dengan tekstur rambut Anda. memotong rambut dengan menggunakan gunting, apalagi gunting yang tumpul justru akan dapat memperparah kondisi rambut bercabang Anda.

Memilih produk perawatan rambut yang tepat

Selain beberapa hal yang telah disebutkan di atas, Anda juga perlu untuk memilih produk perawatan yang tepat. diantaranya adalah memilih kondisioner, gel, ataupun produk lainnya yang khusus ditujukan untuk dapat mengatasi permasalahan rambut Anda. jika rambut Anda tergolong jenis rambut yang kering, maka pilihlah produk perawatan yang sesuai dengan rambut kering Anda. intinya, sesuaikan produk dengan rambut Anda masing-masing. Sedangkan produk yang tepat digunakan untuk jenis rambut kering adalah produk yang mempunyai kadar PH rendah. Hal ini bertujuan supaya dapat menjaga kelembaban rambut Anda. produk yang memiliki kandungan minyak alami juga di4rekomendasikan untuk Anda sebagai perawatan rambut. jenis minyak seperti minyak zaitun, minyak avocado, serta minyak argan. Dan khusus untuk kondisionernya, Anda bisa memilih produk yang mempunyai kandungan seperti sodium PCA, sodium lactate, dan masih banyak lagi.

Perhatikan pola makan

Pola makan ternyata sangat berpengaruh untuk rambut Anda. bahkan perawatan rambut tidak cukup hanya dengan merawat yang bagian luar saja, Anda juga harus melakukan perawatan dari dalam. Diantara caranya adalah dengan menjaga pola makan. Anda bisa memakan makanan yang memiliki nutrisi tinggi untuk merawat rambut Anda. Ada banyak sekali makanan yang bernutrisi baik untuk rambut Anda. tetapi, usahakan untuk memilih jenis makanan yang banyak mengandung vitamin E, Vitamin B kompleks, dan vitamin C. kandungan nutrisi yang terdapat pada beberapa makanan tersebut sangat berkhasiat untuk merawat rambut Anda dari dalam. Baik itu untuk mengatasi rambut rontok, kering, kusam, bercabang, dan bahkan bisa ampuh dalam menghilangkan kutu pada rambut Anda.

Selain beberapa hal di atas, jangan lupa pula untuk banyak mengonsumsi air putih. Usahakan meminum air putih secara rutin minimal 2 liter dalam sehari dan cobalah untuk menghindari jenis makanan yang kurang baik untuk kesehatan Anda.

Baca Juga: Inilah Manfaat Ampuh Dari Camellia Bagi Kesehatan

Itulah beberapa tips sederhana merawat rambut yang bisa Anda jadikan bahan acuan saat Anda ingin memiliki rambut terbaik. Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, usahakan untuk melakukan beberapa tips di atas secara rutin dan teratur. Jangan lupa pula untuk senantiasa menjaga kebersihan rambut Anda. sehingga, ketika kebersihannya pun terjaga, maka Anda juga akan nyaman dengan rambut Anda sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mencoba. Dapatkan rambut terindah dan berkualitas.

Terima kasih sudah membaca artikel Lakukan 4 Tips Sederhana ini Untuk Menjadikan Rambut Indah, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - November 2, 2016