Merawat Rambut Saat Mengenakan Hijab Tanpa Ribet

SokTau – Cara merawat rambut bagi wanita yang mengenakan jilbab tentu berbeda dengan wanit ayang tidak mengenakan hijab. Bagi wanita berhijab, dengan mengenakan hijab sepanjang hari tentu saja akan memiliki potensi yang besar untuk membuat rambut terlihat lembab dan memiliki potensi yang besar untuk mengalami kerontokan. Akan tetapi, jika Anda rajin dalam melakukan perawatan maka Anda pun bisa memiliki rambut yang sehat meskipun mengenakan hijab setiap hari. Setiap wanita meskipun setiap hari ditutupi oleh hijab atau pun tidak pasti menginginkan rambut yang indah dan berkilau. Hal ini mengingat rambut sebagai salah satu mahkota bagi wanita yang harus dirawat dan harga berharga yang penting untuk diperhatikan. Namun, tak sedikit pula wanita berhijab yang merasa bahwa cara merawat rambutnya selama ini masih kurang tepat. Dengan demikian, tak heran jika banyak yang mengeluhkan banyaknya permasalahan rambut yang mereka alami akibat salah dalam penanganannya.

Rambut Sehat Alami

Merawat Rambut Saat Mengenakan Hijab Tanpa Ribet

Nah, bagi Anda yang tergolong sebagai wanita berhijab, sebaiknya kini lebih memperhatikan lagi cara merawat rambut yang Anda miliki. Kini Anda perlu untuk lebih selektif dan perhatian lagi dalam melakukan perawatan. Hal ini dilakukan supaya kesehatan rambut tetap terjaga. Berikut akan disajikan beberapa tips dalam menjaga atau merawat rambut bagi wanita berhijab.

Memilih Bahan hijab Yang Bisa Menyerap Keringat

Menutup aurat atau mengenakan hijab memang kewajiban bagi umat muslim. Belakangan ini baik dari kalangan artis atau pun masyarakat biasa sudah mulai banyak yang memutuskan untuk mengenakan hijab. Namun, ketika mengenakan hijab setiap saat tak jarang membuat rambut menjadi lepek, berminyak, dan mudah berkeringat. Nah keringat yang berlebih inilah yang justru aka mengakibatkan beragam permasalahan pada rambut seperti rontok, ketombe, lembab, apek, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan demikian, Anda pun wajib untuk memilih jilbab yang berbahan mudah menyerap keringat seperti kaos atau pun katun.

Mengindari Memakai Hijab Dalam Kondisi Rambut Basah

Salah satu penyebab rambut ketika berhijab adalah kebiasaan mengenakan hijab ketika rambut dalam kondisi basah. Padahal, seseorang yang mengenakan hijab dalam kondisi rambut basah akan memicu kerontokan yang begitu parah, gatal-gatal, ketombe, dan juga bau apek. Oleh karena itu, ketika akan mengenakan hijab sebaiknya keringkan dulu rambut Anda dan jangan terlalu terburu-buru mengenakan hijab. Jika cara alami membutuhkan waktu yang lama, Anda bisa mengeringkannya dengan menggunakan hairdryer.

Menghindari Mengikat Rambut Dengan Kuat dan Kencang

Salah satu tips penting yang wajib diperhatikan bagi wanita berhijab adalah dengan tidak mengikat rambut mereka dengan kuat dan kencang. Hal ini dilakukan untuk menghindari permasalahan pada rambut seperti mudah patah dan bercabang.

Memilih Jilbab Dengan Warna Soft

Pemilihan warna pada jilbab ternyata sangat penting untuk diperhatikan. Seringkali wanita berhijab merasakan gerah dan panas di kepala. Namun, dengan menggunakan jilbab yang memiliki warna yang soft, maka mereka akan terhindar dari masalah tersebut. Pemilihan warna jilbab yang tepat akan membantu menyejukkan kepala.

Keramas Dengan Teratur

Baik wanita yang mengenakan hijab atau tidak, wajib hukumnya untuk melakukan perawatan dengan cara membersihkan rambut secara rutin. Keramas secara teratur akan membantu membersihkan kulit kepala serta menjaga kebersihan rambut dari beragam debu yang menempel. Untuk mendukung usaha menjaga kebersihan rambut tersebut, sebaiknya pilihlah sampo terbaik yang cocok dan sesuai dengan jenis kulit yang Anda miliki. Biasanya, sampo juga mempengaruhi tingkat kecocokan seseorang. Tidak hanya itu saja, rambut Anda juga membutuhkan vitamin supaya terhindar dari berbagai masalah. upayakan untuk keramas dan memberikan vitamin setidaknya 2 hari sekali supaya rambut tetap terawat dan terjaga.

Sebelum atau Sesudah Berjilbab, Upayakan Untuk Selalu Merapikan Rambut

Kebanyakan wanita enggan merapikan rambut mereka setelah memakai jilbab atau pun ketika akan mengenakan jilbab. Padahal, merapikan rambut sangatlah diperlukan. Sebaiknya gunakan sisir yang bergigi jarang supaya rambut tidak mudah rusak. Dengan mengenakan sisir yang berjenis demikian, maka akan meminimalisasi kerontokan pada rambut Anda.

Mengistirahatkan Rambut

Ketika tidak sedang keluar rumah, Anda bisa membuka jilbab Anda. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mengistirahatkan rambut Anda serta memanjakannya. Rambut seperti halnya dengan manusia yang membutuhkan waktu untuk beristirahat. Biarkanlah rambut terurai tanpa ikatan supaya rambut bisa bernafas, terlihat segar, dan sehat. Cara yang demikian ini dinilai lebih efektif guna meminimalisasi kelembaban yang ada pada kulit kepala yang akan memicu ketombe atau pun kerontokan pada rambut.

Mengkonsumsi Makanan Yang Bernutrisi

Guna menjaga kebersihan dan kesehatan rambut, seperti halnya dengan tubuh manusia rambut juga membutuhkan nutrisi. Dengan demikian, Anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang bergizi guna mensupply nutrisi pada rambut Anda. Adapun nutrisi yang penting dan wajib untuk dikonsumsi adalah makanan yang banyak mengandung vitamin b-6, vitamin B-12, vitamin E, Vitamin C, serta protein. Kandungan vitamin-vitamin tersebut biasanya ditemukan pada sayuran hijau, kacang-kacangan, dan juga buah-buahan.

Menggunakan Bahan Alami

Untuk merawat kesehatan rambut, pada dasarnya tidak selalu mengandalkan bahan-bahan kimia yang tersebar di toko atau apotek sekitar saja. Banyak sekali bahan alami yang ada di sekitar kita yang memiliki segudang manfaat untuk merawat rambut sekaligus kulit kepala. Salah satunya yaitu lidah buaya. Tanaman yang satu ini sangat mudah dicari serta memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan rambut. Cara pemanfaatannya pun sangat mudah yaitu dengan mengambil daging dari lidah buaya tersebut kemudian dijadikan masker pada rambut. Dengan mengaplikasikannya secara rutin, maka rambut akan terjaga kesehatannya dan dijamin akan jauh dari beragam permasalahan.

Merawat Rambut Dengan Hair Tonic

Perawatan khusus pada rambut memang sangat diperlukan supaya rambut tetap sehat dan jauh dari beragam permasalahan. Salah satunya yaitu dengan memberikan hair tonic pada rambut Anda. Pengaplikasian ini dilakukan setiap habis keramas untuk memberikan kesegaran pada rambut Anda. Dengan demikian rambut akan tetap segar karena nutrisinya terpenuhi dengan baik.

Memilih Jepit Rambut Yang Tepat

Ketika mengenakan hijab, kita memang membutuhkan pengikat atau penjepit rambut supaya rambut tidak berantakan kesana-kemari. Sebaiknya tidak menggunakan penjepit rambut yang berbahan metal. Penjepit rambut yang terbuat dari bahan tersebut akan sangat rentan membuat rambut patah dan rapuh. Dengan demikian, sebaiknya gunakan penjepit rambut yang terbuat dari bahan plastic atau pun karet berbahan lembut.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Rambut Terlihat Sempurna Ala Anak Kos

Beberapa tips yang telah dipaparkan di atas sebaiknya mulai Anda perhatikan betul dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Fenomena yang terjadi di masyarakat adalah wanita berjilbab seringkali mengabaikan kesehatan rambutnya sehingga rambut yang dimiliki terkesan rusak dan memiliki beragam permasalahan seperti rontok, lembab, ketombe, dan lain sebagainya. Untuk itu, perhatikan betul kesehatan rambut Anda supaya tetap sehat dan wangi tentunya. Beberapa tips di atas kiranya sangat sederhana dan hanya membutuhkan ketelatenan saja dalam menerapkannya.

Terima kasih sudah membaca artikel Merawat Rambut Saat Mengenakan Hijab Tanpa Ribet, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - November 30, 2016