Misterius, Tanggal 30 Juni 2015 Waktu Akan Berjalan Lebih Dari 24 Jam

Misterius, Tanggal 30 Juni 2015 Waktu Akan Berjalan Lebih Dari 24 Jam

Tanggal 30 Juni 2015 Waktu Akan Berjalan Lebih Dari 24 Jam, pertanda apa ? —Kabar mengejutkan datang di Bulan Juni tahun 2015 ini, menurut sebuah informasi yang beredar bulan Juni tahun 2015 ini waktu akan berjalan lebih lama di bandingkan waktu-waktu sebelumnya. Bulan Juni 2015 akan lebih lama dari Juni-Juni pada tahun yang lain.  satu hari tepat pada tanggal 30 Juni 2015 nanti, waktu tidak hanya berjumlah 24 jam, melainkan 24 jam lebih 1 detik.

Menurut kabar yang berkembang, waktu di tanggal tersebut tidak lagi akan berakhir pada 23.59.59, melainkan berakhir di 23.59.60. sedangkan untuk bulan selanjutnya, tanggal 1 Juli tahun 2015, juga akan tetap di mulai pada pukul 00.00. lalu, pertanda apakah penambahan 1 detik di tanggal 30 Juni 2015 itu ?, simak ulasan berikut ini !

Waktu akan lebih lama, mengapa ?

Jumlah waktu yang berbeda pada tanggal 30 Juni tahun 2015 tersebut, sejatinya merupakan tambahan waktu yang diambil dari penanggalan Internasional yang disebut dengan detik kabisat. Penambahan waktu tersebut sejatinya adalah keputusan yang ditetapkan oleh International Earth Rotation and Reference Systems Service di Paris pada tahun 1972.

Tujuan penambahan detik kabisat ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tahun kabisat, yang sebenarnya memiliki tujuan mensejajarkan waktu dengan pergerakan bumi yang sebenarnya. Namun meskipun  begitu, penyebab detik kabisat dan tahun kabisat memiliki perbedaan. Jika dalam kasus kabisat penyebabnya adalah pergerakan Bumi mengelilingi Matahari yang kita ketahui membutuhkan waktu 365 hari, padahal sebenarnya membutuhkan waktu sekitar 365,25 hari.

Sementara itu, satu tahun tetap di jalankan dengan pembulatan 365 hari, maka waktu yang terjadi di belahan bumi ini tidak akan sesuai dengan pergerakan Bumi yang sebenarnya. Awal musim misalnya, akan terus mundur, karena tergantung dengan penanggalan tersebut. Namun jika ditetapkan keputusan 1 tahun sama dengan 365,25 hal itu tentunya tidak akan pernah mungkin, karena jika benar maka . ada beberapa hari yang akan berakhir pada pukul 06.00 pagi atau bahkan 12.00 siang.

Baca Juga : Arwah Angeline Cerita Siapa Tersangka Utamanya!

Perpanjangan waktu lebih lama, adalah kebijakan paling tepat

Hal inilah yang membuat dunia memutuskan untuk memberikan tambahan detik untuk satu tanggal di bulan jUni 2015 yaitu tanggal 30, menjadi waktu terpanjang dari seluruh tanggal yang ada di tahun-tahun sebelumnya. penyingkronan waktu tersebut juga dilakukan dengan cara menambahkan satu hari untuk tahun yang habis dibagi 4, namun tidak akan habis iga di bagi dengan 100 dan 400.

Menurut para pakar, permasalahan kasus khabisat merupakan permasalahan yang sangat sulit, gravitasi Matahari dan Bulan merupakan satu alasan mengapa rotasi Bumi berjalan  lebih pelan. Bumi  yang tidak sepenuhnya berbentuk  padat, dan ditarik Bulan dan Matahari akan terpengaruh gerak rotasinya. Tidak hanya itu beberapa fenomena alam seperti, gunung meletus, gempa dan pelelehan es di kutub utara dan selatan, juga menjadi indikasi mengapa bumi berputar lebih pelan.  Oleh karena itu untuk menjaga agar waktu tetap sinkron dengan gerakan Bumi, detik kabisat harus di tambahkan pada salah satu tanggal di bulan Juni atau Desember.

Terima kasih sudah membaca artikel Misterius, Tanggal 30 Juni 2015 Waktu Akan Berjalan Lebih Dari 24 Jam, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...