Nggak Cuma Indonesia yang Anut Sistem Syariah, Negara Mayoritas katolik Ini Juga !

Nggak Cuma Indonesia yang Anut Sistem Syariah, Negara Mayoritas katolik Ini Juga !

Patut rasanya kita sebagai warga Negara Indonesia berbangga diri terhadap sistem keungan sayariah yang telah lama di anut oleh bangsa Indonesia.  Ya, sistem keungan ini memang telah umum kita perdengarkan dan kita ketahui di Indonesia. Sistem keungan berbasis syariah islam ini, saat ini tidak hanya di andrungi oleh para pengguna jasa keungan muslim, namun juga non muslim.

Bisa dikatakan bahwa sata ini sistem ekonomi syariah sudah mendunia dan mengglobal. Meski masih tergolong muda, sistem ekonomi berbasis syarian yang di amalkan oleh Indonesia, kini tengah mendapat sorotan posistif dari dunia dan berbagai ras serta agama.

Sudah mendampingi ekonomi konvensional secara global

Kini tak hanya masyarakat muslim saja yang menerima manfaat dari sistem perekonomian syariah, bahkan mereka para non muslimpun juga turut menggunakan ekonomi dengan basis yang demikian. Banyak sekali negara non-muslim yang sangat tergiur untuk menerapkan sistem perekonomian yang demikian.

Salah satunya adalah negara mayoritas Katolik, Vatikan. Negara yang terkenal sebagi pusat peradaban Kristen Katolik tersebut saat ini tengah mendalami sistem syariah yang telah di terapkan di Indonesia. Hal tersebut telah di ungkapkan oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman Hadad dalam pembukaan Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah 2015 di salah satu kampus ternama di Indonesia.

Bukan lagi menjadi study langka

Perkembangan perekonomian global, secara central telah mempengaruhi setiap sendi sistem perekonomian suatu Negara secara agresif. Kehadiran sitem ekonomi syariah, tentu saja menjadi sebuah celah menarik untuk di terapkan secara global.

Saat ini sistem perekonomian berbasis syariah, bukan lagi menjadi study yang langka bahkan sudah sangat umum. Sebut saja lembaga Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) yang saat ini tengah mengkaji secara mendalam sistem perekonomian yang sudah di terapkan oleh Indonesia sejak tahun 1992 tersebut.

Perkembangan sistem syariah tergolong sangta cepat,bahkan saat ini hutang pemerintah juga sudah menjadi tanggungan dari syariah. Menurut kabar yang beredar dalam waktu dekat sistem perekonomian berbasis syariah akan gencar di perluas dan di tambahmenjadi berbagi cabang di Indonesia.

 

 

Terima kasih sudah membaca artikel Nggak Cuma Indonesia yang Anut Sistem Syariah, Negara Mayoritas katolik Ini Juga !, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - April 28, 2015