Panas !! May Day, Para Buruh Berikan Tuntutan Kepada Pemerintah

Panas !! May Day, Para Buruh Berikan Tuntutan Kepada Pemerintah

Hari Buruh Nasional, tepat dihari tersebut sejumlah kegatan di Indonesia diliburkan. Hal tersebut dilaksanakan untuk menghormati para pekerja yang akan menggelar pawai. Di hari itu pula para buruh akan di bebaskan untuk menggelar sejumlah aksi dengan pengawalan ketat dari para petugas kemanan.

Para buruh diperbolehkan dengan bebas menyampaikan aspirasi mereka kepada publik. Kritikan permintaan dan juga penolakan dapat disampaikan secara bebas oleh para buruh di May Day. Tak hanya itu,ditengah lautan masa yang megggelar aksi May Day, para buruh juga akan diberikan hiburan menarik berupa penampilan band-band papan atas tanah air dan hiburan lainya.

Meninggalkan hyuforia dan dampak positif dari May Day, berikut ini adalah tuntutan yang dilontarkan oleh para buruh kepada pemerintah.

Tuntutan para buruh

Dalam aksi para buruh di perayaan May Day, sejumlah tuntutan di layangkan ole para buruh terhadap pemerintah.  Berikut ini adalah tuntutan para buruh yang diserukan pada may day tanggal 1 Mei,2015 :

  • Pemerintah  diharapkan memberikebasan bagi para buruh untuk berserikat.
  • Para buruh meminta agar sistem kerja kontrak serta Outsorcing yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undang dihapuskan.
  • Menolak kenaikan BBM secara berkala agar harga barang serta jasa tetap stabil.
  • Meminta kepada pemerintah agar pelayanan BPJS kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan Rumah terhadap para buruh.
  • Menolak upah murah yang ditujukan kepada para buruh, serta menuntuk agar pemerintah rutin melakukan peninjauan upah setidaknya 2 sampai 5 tahun sekali.
  • Buruh meminta agar pemerintah dapat menyediakan rumah sakait untuk mereka
  • Pemerintah diharapkan mampu untuk menegakkan hukum yang terbaik untuk para buruh
  • Buruh juga menagih janji Presiden Jokowi ketika kampenye dahulu, dimana dalam kampenye tersebut Presiden menyatakan jika terpilih maka ia akan memberlakukan kerja layak, upah layak serta hidup layak kepada para buruh.
  • Buruh meminta tunjangan pendidikan kepada anak-anak mereka yang tengah mengenyam bangku pendidikan.
  • Pemerintah diharapkan dapat menyediakan transportasi yang layak bagi para buruh.

Tuntutan para buruh tersebut, agaknya harus menjadi pertimbangan bagi sejumlah perusahaan dan juga pemerintah, agar dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat indonesia yang mayoritas menjadi buruh.

 

Terima kasih sudah membaca artikel Panas !! May Day, Para Buruh Berikan Tuntutan Kepada Pemerintah, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - May 2, 2015