Pembuatan Patung Pancoran Ternyata Tak Semudah Yang Dibayangkan

Pembuatan Patung Pancoran Ternyata Tak Semudah Yang Dibayangkan

Sebagai warga Jakarta pastinya anda tahu dengan Patung Pancoran. Patung ini memang menjadi salah satu icon terbesar yang ada di ibu Kota Indonesia. Namun siapa siapa sangka bahwa dibalik pembuatan patung ini ada kisah sedih yang memang patut untuk anda ketahui.

Patung Pancoran ini berada tepat di daerah Jakarta Selatan yaitu tepat depan kompleks perkantoran Wisma Aldiron Dirgantara yang memang dulunya menjadi markas terbesar TNI Angkatan Udara. Posisi dari Patung Pancoran memang sangat strategis bahkan banyak sekali orang yang kagum dengan keberadaan dari patung pancoran yang sangat kokoh ini. Lalu siapa sebenarnya yang memiliki ide untuk membuat patung pancoran ini?

Patung Pancoran ini didesain khusus oleh Edhi Sunarso yaitu sekitar tahun 1964-1965 yaitu dengan bantuan para keluarganya yang ada di kota Aceh. Pengecoran yang ia lakukan juga terlihat sangat kuat dan kokoh. Untuk patungnya sendiri memang terbuat dari perunggu yang memiliki sebuah berat 11 ton. Untuk ketinggian dari Patung mencapai kurang lebih 27 meter. Hal yang paling patut untuk kita ketahu dibalik pembuatan dari Patung ini otomatis begitu sangat mengharukan.

Banyak sekali tokoh pejuang bangsa yang ingin segera menyelesaikan pembangunan dari patung ini namun sayangnya mereka harus berhenti pada tahun 1965 karena banyaknya serangan dari asing. Hampir saja para tokoh pejuang ini kehilangan bangunan yang ia bangun namun dengan kepercayaan yang sangat kuat akhirnya ia mampu memberikan kekuatan terus mempertahankan bangunan ini.

Simbol semangat bangsa ini hampir saja terombang ambing dengan banyaknya hantaman dari luar negeri terutama negara penjajah. Namun mereka yakin bahwa hal ini mampu mereka pertahankan dengan baik. Pada saat itu pula banyak masyarakat Indonesia yang bingung karena tindakan Bung karno sebagai pemantau dari pembangunan bangunan ini.

Mereka menganggap bahwa pemerintahan bung karno terlihat plin-plan dan tidak segera terus meneruskan pembangunan. Akhirnya Bung Karno dilengserkan dan Soeharto diorbitkan untuk menjadi seorang presiden. Itulah sejarah dan kisah sedih dibalik pembuatan dari Patung pancoran.

Terima kasih sudah membaca artikel Pembuatan Patung Pancoran Ternyata Tak Semudah Yang Dibayangkan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - May 9, 2014