Perlu Para Ibu Tahu ! Ini Bahayanya Berikan Minum Air Putih Untuk Bayi

Perlu Para Ibu Tahu ! Ini Bahayanya Berikan Minum Air Putih Untuk Bayi

Usia bayi merupakan usia yang sangat rentan terhadap segala macam penyakit, oleh sebabĀ  itu para orang tua harus berhati-hati merawat bayi mereka, terutama dalam masalah minuman yang merupakan menu wajib bagi para bayi, karena belum bisa memakan jenis makanan padat. Pada umumnya para ibu hanya kan memberikan ASI serta beberapa makanan lembut (dalam jumlah terbatas) saja bagi bayi mereka.

Namun, tidak jarang pula ibu yang memberikan anak mereka minum air putih. Hal ini biasanya dilakukan para ibu untuk membuat sang bayi tidak bergantung dengan susu atau ASI. Namun apakah para ibu tahu bahwa memberikan minum bayi air putih, dalam usia 0-6 bulan dapat memberikan dampak negatif bagi tumbuh kembang bayi.

Berikut ini adalah akibat dari bayi mengkonsumsi air putih di usia 0-6 bulan, menurutĀ  Dr. Utami Roesli, Sp.A., MBA., CIML, IBCLC, dari Sentra Laktasi Indonesia :

  1. Ganggu otak bayi, usia 0-6 bulan merupakan usia dimana otak bayi belum bisa berfungsi dengan baik. Jika pada usia tersebut bayi sudah di berikan minum air putih, maka zat-zat penting (elektrolit) dalam tubuh yang membantu perkembangan otak bayi seperti, natrium maka bisa jadi bayi mengalami gangguan otak karena kekurangan natrium.
  2. Merusak ginjal, dampak lainnya dari konsumsi air putih pada usia bayi adalah, dapat mengganggu kinerja dan fungsi ginjal, karena ginjal yang berfungsi sebagai pengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh pada usia 0-6 bulan belumlah sempurna, meskipun ginjal pada bayi telah terbentuk kehamilan 35 minggu.
  3. Keracunan, umumnya bayi pada usia 0-6 memang memiliki kebutuhan minum yang luar biasa banyak, dimana dalam masa ini bayi belum boleh terlalu banyak mengkonsumsi makanan. Namun bukan berarti jika bayi butuh minum banyak, para oran tua memberikan bai mereka air putih, pasalnya hal ini bisa membuat bayi keracunan, hal ini telah disampaikan oleh Dr. Jennifer Anders darijohn Hopkins Children’s Center di Baltimore Amerika Serikat usai melakukan penelitian terkiat manfaat dan efek negatif dari air putih pada bayi.
  4. Infeksi bakteri, usia 0-6 bulan bayi sangat sensitif terhadap asupan zat pada tubuhnya, tak terkecuali air putih yang bisa saja mengandung bakteri tanpa kita ketahui, sehingga bisa jadi bayi yang mengkonsusmi air putih bisa terinfeksi bakteri.

Terima kasih sudah membaca artikel Perlu Para Ibu Tahu ! Ini Bahayanya Berikan Minum Air Putih Untuk Bayi, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - March 23, 2015