Pertamina Naikkan Harga Elpiji 12 Kg Untuk Menekan Kerugian

Pertamina Naikkan Harga Elpiji 12 Kg Untuk Menekan Kerugian

Rencana PT Pertamina untuk menaikkan harga elpiji tahun depan sepertinya sudah matang. Kenaikan ditafisrkan sebesar Rp 3000 per kg. Pihak Pertamina saat ini sudah mengirimkan surat kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengenai hal tersebut. Rencana ini memang harus ditetapkan mengingat Pertamina merugi dalam bisnis ini.

Rencana ini memang sudah pernah diungkapkan pada tahun lalu, namun belum dapat dilakukan secara pasti karena banyak terjadi pro dan kontra. Menurut keterangan Vice President LPG and Gas Product Pertamina, Gigih Wahyu Irianto mengatakan pihaknya akan merugi jika pada tahun depan harga elpiji tak dinaikkan. Bahan baku elpiji sendiri yang dibeli mengalami kenaikan sehingga harus anda kenaikan. Kerugian yang dialami oleh Pertamina mencapai Rp 6 triliun.

Jika nantinya pemerintah mengizinkan adanya rencana tersebut, maka pada tanggal 1 Januari 2015 nanti Pertamina akan menaikkan harga elpiji sebesar Rp 1500 per kilogram dan pada tanggal 1 Juli 2015 akan kembali naik sebesar Rp 1500 untuk per kg. Proses kenaikan ini nantinya akan kembali terulang pada awal tahun 2016. Hal ini dianggap sangat penting dan mampu untuk menekan kerugian yang dialami oleh Pertamina. Harapan Pertamina sendiri pada tanggal 1 Juli 2016 nanti harga elpiji 12 kilogram non subsidi sudah sesuai dengan perekonomian yakni sebesar Rp 180.000 per tabung.

Kini tinggal menunggu izin saja. CT mengaku menunggu izin dari presiden terlebih dahulu sebelum memberikan sebuah izin kenaikan. Meskipun demikian rencana yang dimiliki Pertamina tak lantas berjalan dengan lancar. Dimana banyak sekali terjadi pro dan kontra dalam masalah tersebut. Banyak sekali yang memberikan kritik terhadap rencana yang dilakukan oleh Pertamina.

Meskipun banyak kritik, Pertamina akan tetap menjalankan rencananya tersebut demi menekan kerugian yang selama ini telah dialami. Kemungkinan besar rencana ini akan tetap dilaksanakan meskipun banyak pihak yang kurang setuju. Kurs di Indonesia semakin melemah, ini adalah salah satu hal yang menyebabkan adanya kerugian. Semoga berita yang kami ulas diatas dapat menambah wawasan anda dan dapat memberikan lebih banyak informasi bagi anda.

Terima kasih sudah membaca artikel Pertamina Naikkan Harga Elpiji 12 Kg Untuk Menekan Kerugian, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - September 6, 2014