Presiden Jokowi, Belum Berhasil Atasi Nilai Rupiah Yang Semakin Terpuruk

Presiden Jokowi, Belum Berhasil Atasi Nilai Rupiah Yang Semakin Terpuruk

Nilai mata uang rupiah saat ini memang tengah benar-benar terpuruk. Fluktuasi Rupiah terhadap Dollar tentu saj menjadi masalah serius bagi negeri ini, pasalnya jika kurs rupiah terus saja anjlok bisa jadi imbasnya bagi perekonomian Indonesia menjadi sangat serius.

Senin, 16 Maret 2015 nilai tukar mata uang Rupiah telak memasuki level 13.237 per dolar AS anka ini tentu saja telah menurun di bandingkan akhir pekan lalu. Penurunan tersebut telah mencapai 46 poin dibandingkan dengan nilai tukar sebelumnya Rp 13.191 per dolar AS.

Kurs Rupiah di perdagangkan pada level terendah

Sempat mengalami penurunan nilai tukar sebelumnya, namun level penurunan kurs rupiah tanggal 16 Maret 2015 ini merupakan kondisi yang paling mengkhawatirkan sepanjang tahun 2015 ini. Kondisi keterpurukan ini tentu saja mendapatkan perhatian serius dari Presiden Jokowi dan para menterinya, jika hal ini tidak segera di atasi maka bisa jadi nilai rupiah akan semakin terpuruk pada level paling rendah.

Beberapa waktu lalu, Jokowi telah menggelar rapat dengan para Mentrinya dan juga Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. Dimana dalam rapat tersebut Jokowi telah membahas mengenai masalah fluktuasi rupiah yang semakin mengkhawatirkan, juga sejumlah langkah untuk mengatasi keterpurukan nilai kurs rupiah tersebut. Alhasil beberapa Paket kebijakan telah di hasilkan dalam rapat tersebut, setidaknya 8 kebijakan telah dikeluarkan oleh pemerintah untuk membendung arus penurunan nilai tukar rupiah yang lebih dalam lagi.

Delapan strategi belum optimal mencegah fluktuasi rupiah yang semakin mengenaskan

Meskipun telah menghasilakan 8 strategi untuk menangani masalah kurs Rupiah, namun faktanya kebijakan tersebut juga belum mampu di jalankan secatra optimal.  Sejumlah pasar belum juga percaya kan kebijakan yang diterapkan oleh Presiden Jokowi akan berhasil mengatasoi masalah fluktuasi terhadap Rupiah yang semakin terpojok.

Menurut ekonom dari Standard Chartered, Eric Sugandi permasalahan fluktuasi atau penurunan mata uang rupiah terhadap Dollar bukanlah perkara mudah yang bisa dilakukan secara instan, melainkan harus dengan cara yang bertahap. Salah satu kunci utama untuk masalah ini adalah, pemerintah harus mampu untuk menciptakan aliran dana modal dan bahan baku di dalam negeri sendiri.

Terima kasih sudah membaca artikel Presiden Jokowi, Belum Berhasil Atasi Nilai Rupiah Yang Semakin Terpuruk, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - March 18, 2015