Pro dan Kontra Pemberhentian Siaran Radio VOA Indonesia Oleh Amerika Serikat

Pro dan Kontra Pemberhentian Siaran Radio VOA Indonesia Oleh Amerika Serikat

Kabar mengejutkan datang dari siaran radio Voice of Amerika atau VOA, pasalnya menurut kabar yang beredar VOA Indonesia akan segera diberhentikan. Hal ini tertuang dalam usulan anggaran tahun 2016 dari Broadcasting Board of Guvernor atau BBG yang notabenya adalah induk dari VOA yang di sampaiakan pada Kongress AS beberapa waktu yang lalu.

Hal ini sontak saja membaut publik terkejut, pasalnya VOA sudah sejak lama meramaikan jagad media informasi entah itu dari Amerika trau Indonesia.

Selengkapnya tentang kabar diberhentikanya VOA Indonesia

Jumat(10/03/2015) lalu, situs resmi BBG menyampaikan dalam sebuah dokumen usulan anggaran 2016 “Radio VOA Indonesia akan dihentikan. Riset media di Indonesia menunjukkan bahwa televisi merupakan media utama, dan platform digital online semakin populer,”. Kabar ini tentu saja membuat banyak pihak terkejut, pasalnya meskipun beberapa waktu belakangan ini VOA semakin sepi peminat, namun tetap saja masih ada orang yang menggemari media informasi yang satu ini.

Penghentian yang dilakukan terhadap VOA ini merupakan salah satu kebijakan BBG untuk memotong anggaran sebesar US$15,6 juta, yang mana dalam anggaran tersebut tercantum pula anggaran untuk VOA sebesar US$5,8 merupakan 1/3 dari anggaran yang ada. Anggaran untuk VOA saja, pada tahun 2015 telah mencapai US$212,5 juta. Menindak lanjuti karena anggaran yang dikeluarkan dengan hasil yang didapat tidak seimbang, maka kebijakan untuk memberhentikan VOA dan memangkas dana anggaran untuk VOA dirasa sangat tepat.

Pro dan kontra pemangkasan dan pemberhentian siaran radio VOA

VOA merupakan perangkat AS untuk menjalankan strategi soft power dalam mendukung terjaganya tatanan internasional serta untuk memajukan kebijakan AS di Asia Pasifik melalui peningkatan kesadaran dan keterlibatan semua orang(publik).

Oleh karena itu beberapa pihak banyak yang sangsi terhadap kebijakan BBG untuk menghentikan siaran VOA. Pasalnya dengan diberhentikanya siaran yang satu ini, maka salah satu media free masyarakat untuk mendapatkan informasi secara langsung dari sumbernya harus terkkebiri. Selain itu dampak buruk lainnya adalah, jika m,emangĀ  benar VOA akan diberhentikan maka setidaknya 16 pegawai dari total 23 pegawai yang ada akan terancam kehilangan pekerjaan mereka.

 

Terima kasih sudah membaca artikel Pro dan Kontra Pemberhentian Siaran Radio VOA Indonesia Oleh Amerika Serikat, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - March 21, 2015