Ramuan Tradisional Penurun Panas Untuk Anak

Ramuan Tradisional Penurun Panas Untuk Anak

SokTau.com – Ketika anak kita terserang demam pasti kita merasa cemas apalagi kita sedang kehabisan persediaan obat penurun panas. Salah satu alternatif yang bisa kita ambil adalah melakukan pengompresan dengan menggunakan air dingin dari kamar mandi. Untuk memberi pengobatan pada anak alagkah baiknya menggunakan ramuan tradisional.

Ramuan Tradisional Penurun Panas Untuk Anak

Dalam pengobatan tradisional kita bisa memanfaatkan berbagai jenis tanaman herbal yang sering kita jumpai di sekitar lingkungan kita sebagai solusi penyembuhan secara alami. Tanaman yang bisa kita pilih sebagai penurun panas adalah kunyit. Kunyit popular di jawa dengan sebutan kunir ini memiliki kandungan minyak atsiri, tumeron, curcumin dan juga zingiberen yang bermanfaat sebagai antibakteri, antioksidan dan antiflamasi.

Ini Dia Cara Membuat Ramuan Tradisional Penurun Panas Untuk Anak

Cara mengolahnya pun cukup mudah dengan mencuci kunyit kemudian diparut dan ditambahkan ½ gelas air panas. Setelah dingin peras air kunyit tadi dan saring ampasnya dan ambil airnya dan tambahkan ½ perasan jeruk nipis. Campurkan dengan 2 sdm madu bunga kapuk. Untuk satu kali pembuatan diminum 3 kali sehari.

Atau bisa juga dengan daun Sambiloto yang memiliki kandungan andrografolid lactones, glucosides, diterpene dan flavoid yang bisa difungsikan untuk menurunkan panas baik dewasa dan anak-anak. Dengan cara cukup sederhana dengan merebus 10 gram daun sambiloto kering, 25 gram umbi kunyit kering dan 200 cc air. Rebus hingga mendidih dan airnya menyusut tinggal 100 cc kemudian saring ampasnya. Setelah dalam kondisi hangat, tambahkan 100 cc madu bunga kapuk atau mahoni. Bagi menjadi 3 bagian dan berikan 3 kali sehari untuk anak.

Kebanyakan orang memilih air kelapa untuk menurunkan panas karena lebih mudah di jumpai dan bisa langsung di minum. Di dalam air kelapa muda ini banyak mengandung sejenis mineral diantaranya adalah kaliaum. Ketika terjadi panas pada tubuh akan banyak mengeluarkan keringat untuk menurunkan kondisi suhu tubuh. Untuk menggatikan keringat yang banyak keluar sebaiknya memperbanyak minum air kelapa.

Baca Juga: Resep Masakan Rumahan Yang Murah Dan Simpel

Nah, dari beberapa ramuan tradisional di atassangat efektif digunakan untuk anak dan tidak menimbulkan efek samping. Salah satu ramuan diatas bisa dicoba di rumah untuk penurun demam anak.

Terima kasih sudah membaca artikel Ramuan Tradisional Penurun Panas Untuk Anak, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - January 21, 2016