Raymond Sapoen,Darah Jawa Mengalir Kental di Suriname

 

Raymond Sapoen,Darah Jawa Mengalir Kental di Suriname
Beberapa hari ini Indonesia telah dihebohkan oleh sososk bernama Raymond Sapoen, ia adalah salah satu kandidat calon Presiden Suriname yang akan di mengikuti pemilihan pada bulan mey mendatang. Sekilas tidak ada yang aneh dari reymondm, kecuali satu yaitu kabar bahwa dirinay merupakan seorang keturunan Jawa Indonesia. Menurut kabar Reymond masih memiliki darah jawa dari buyutnya yang berasal dari desa kanding, kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, namun hingga saat ini hal tersebut masih belum dapat dibuktikan.

Raymond Sapoen dari Kanding, Banyumas ke Suriname

Tiada yang tahu nasib akan membawa seseorang kemana, sama halnya dengan Reymond Sapun. Menteri Perdagangan dan Perindustrian Suriname yang akan dijadikan calon kandidat Presiden Suriname ini dikabarkan memiliki asal usul dari tanah Jawa, tepatnya di Desa Kanding, kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Untuk mengetahui kebenaran dari kabar tersebut Arie Grobbee yang merupakan oerang pertama yang menyatakan hal tersebut dan juga merupakan seorang anggota Paguyuban Sambungroso Jawa-Suriname yang merupakan paguyuban orang Jawa di Suriname, Indonesia,dan juga wilayah lainnya di seluruh dunia, terus saja melakukan penyelidikan tentang kabar tersebut, dirinya bekerjasama dengan beberapa pihak mulai mencari tahu kebenaran dari khal tersebut dan pada kahirnya memang benar adanya, sebuah bukti ditemukan oleh Grobbee.

Reymond Sapon memiliki wajah yang sangat mirip dengan Sapoen warga keturunan Jawa, yang di berangkatkan oleh Belanda ke suriname pada tahun 1928 dan sejak itu ia tak pernah kembali, namun mskipun begitu pencarian asal-usul Reymond Sapoen masih tetap dilakukan hingga kini, karena semua hal tersebut belum pasti adanya.

Darah Jawa di Suriname mengalir Sangat kental

Boomingnya kabar yang menyatakan bawa calon Presiden Suriname adalah seorang warga keturunan Jawa Indonesia merupakan hal yang sangat mengejugtkan sekaligus membahagiyakan, rasa bangga masyarakat Indonesia terutama warga Kanding Banyumas tentuanya akan benar adanya jika memang terbukti bahwa Reymond Sapoen merupakan warga keturunan Jawa.

Sebenaranya bukan kali pertama warga keturunan Indonesia menjadi oerang tersohor dan berpengaruh di Suriname, beberapa nama orang ketururunan Indonesia bahkan juga telah menjadi politisi handal dan berpengaruh di Suriname, diantara nama-nama tersebut adalah Sonny Wagirin Kertoidjojo yang merupakan Menteri Dalam Negeri, Menteri Perdagangan dan Perindustrian Suriname, Paul Slamet Somohardjo yang pernah menjabat beberapa tempat penting seperti Menteri Urusan Sosial dan Ekonomi Kerakyatan, Menteri Perdagangan dan Perindustrian, Ketua Parlemen Suriname, dan juga pemimpin partai politik Pertjaja Luhur (kadangkala dieja sebagai Pertjajah Luwur atau Perdjaja Luhur) , selain dua nama ini masih banyak pula tokoh lainya.

Terima kasih sudah membaca artikel Raymond Sapoen,Darah Jawa Mengalir Kental di Suriname, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - February 9, 2015