Resep Martabak Mini Manis dan Lembut

SokTau – Hujan-hujan memang akan lebih lengkap rasanya jika kita bersantai bersama dengan keluarga sembari menikmati martabak manis yang enak dan nikmat. Di sepanjang jalan khususnya di kota-kota besar memang banyak sekali kita jumpai penjual yang menyediakan martabak manis. Akan tetapi, setiap makanan bukankah lebih higienis jika hasil dari karya atau buatan kita sendiri? Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menikmati martabak mini manis yang enak dan murah, maka Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Penasaran resep apa yang harus disiapkan?

Resep Martabak Mini Manis

Resep Martabak Mini Manis dan Lembut

Pada dasarnya membuat martabak mini manis membutuhkan ketelatenan seperti halnya ketika membuat makanan lainnya. Jika belum terbiasa, hasilnya pun memang tidak semaksimal yang kita harapkan. Akan tetapi, jika kita sudah mencobanya beberapa kali, sudah pasti dijamin hasilnya pun juga maksimal. Akan tetapi, tak jarang pula ada orang yang hanya sekali buat langsung bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, ketika Anda ingin membuat martabak mini manis, sebenarnya prosesnya sama dengan martabak pada umumnya. Makanan yang satu ini memang memiliki tekstur yang sangat empuk dan juga lembut dengan rasa yang beranekaragam. Ketika ingin membuat martabak mini manis, Anda bebas memvariasikan beragam rasa sesuai dengan selera. Ada yang menambahkan rasa cokelat, keju, pisang, susu, dan masih banyak lagi rasa lainnya. Berikut akan diuraikan beberapa bahan serta langkah yang harus dilewati ketika akan membuat martabak mini manis.

Bahan untuk membuat adonan kulit martabak mini manis :

  • 250 gram tepung terigu
  • ½ sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh gara halus
  • 2 butir telur
  • 200 gram susu bubuk
  • 1 sendok makan ragi instan
  • 100 gram gula pasir halus
  • 500 ml air

Bahan Toping :

Untuk membuat toping pada martabak mini manis, ada beberapa bahan yang harus disiapkan. Di antaranya adalah mentega dengan takaran yang secukupnya. Selanjutnya, siapkan pula coklat meses dan juga keju cheddar yang telah diparut. Terakhir, Anda harus menyiapkan susu kental manis.

Baca juga: Resep Cilok Bandung Enak Gurih dan Sederhana

Cara Membuat Martabak Mini

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan wadah untuk membuat adonan. Selanjutnya, seluruh bahan yang telah disiapkan mulai tepung terigu, gula, susu, dan lain sebagainya dicampur hingga diaduk merata. Jika sudah, telur dimasukkan ke dalam campuran tepung tersebut. Kemudian, ambil mixer dan kocok adonan tersebut hingga merata. Jika sudah, tuang air sedikit demi sedikit ke adonan sembari diaduk-aduk. Jika adonan sudah siap, maka cetakan pun harus disiapkan dan tentu saja dipanaskan. Tunggu adonan tersebut hingga benar-benar matang. Jika sudah matang, angkat dan selanjutnya beri topping pada bagian atasnya dengan mengoleskan margarine terlebih dahulu dan selanjutnya ditaburi mesis dan keju parut. Terakhir, kucuri martabak dengan susu kental manis dan martabak siap untuk disajikan.

Terima kasih sudah membaca artikel Resep Martabak Mini Manis dan Lembut, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - February 14, 2017