Resep Minuman Tradisional Kunyit Asam yang Menyehatkan

Resep Minuman Tradisional Kunyit Asam yang Menyehatkan

Soktau.com – Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan wujud, rasa dan bau segar dari jamu ini. Jamu ini terkenal sebagai Jamu Kunyit Asam yang kalau di wilayah Jawa bernama Jamu Kunir Asam karena terbuat dari perasan kunyit/ kunir yang telah di parut dan asem segar. Dari dulu hingga sekarang jamu kunyit asam sangat mudah dijumpai di Indonesia khususnya Jawa. Ada berbagai macam nama tempat penjual jamu dari yang keliling hingga yang ada di toko herbal.

Awet cantik muda dengan kunyit asam

Selain enak dan segar, ternyata jamu kunyit asam memiliki segudang manfaat terutama bagi para wanita. Berdasarkan penelitian ilmiah kunyit mengandung curcuminoid. Senyawa ini efektif membantu dan menjaga kecantikan serta menghaluskan kulit, serta mengurangi bau badan tidak sedap, menjaga tubuh agar tetap langsing, dan memperlancar haid.

Ini dia, resep minuman kunyit asam tradisional

Nah, kali ini kami akan memberikan resep tradisional membuat jamu kunyit asem tersebut, jika membuat sendiri kita bisa memilih bahan yang benar-benar baik dan alami, agar mendapatkan khasiat yang maksimal. Berikut Resep Jamu Kunyit Asam yang sehat dan berkhasiat :

Bahan Jamu Kunyit Asam :

  • Kunir asem yang tua, 1 kg dikupas dan dicuci bersih
  • Asam kawak, 1/4 kg buang bijinya
  • Gula aren atau gula jawa, 1/2 kg
  • Jeruk nipis tua, 5 biji ambil airnya
  • Garam dapur, 1/4 sdt
  • Air matang, 20 gelas

Baca Juga : Resep Kue Putu Gula Aren dengan Bahan Simpel

Cara pembuatan :

  • Kunir yang sudah dikupas kemudian ditumbuk sampai benar-benar halus dan lembut, setelah itu tambahkan air matang 17 gelas sambil diaduk-aduk.
  • Kemudian peras dan disaring kunir.
  • Larutkan gula aren atau gula jawa tadi dengan asam kawak dengan 3 gelas air hingga tercampur rata
  • Tambahkan campuran asam kawak dan gula aren dengan perasan kunir tadi dan aduk, saat mengaduk tambahkan garam dan air jeruk nipis hingga tercampur, kemudian baru disaring ulang.

Jamu Kunyit Asam sangat mudah dibuat jadi anda tidak perlu khawatir tidak bisa membuatnya sendiri. Meskipun Jamu Kunyit Asam memiliki banyak khasiat tetapi juga ada larangan untuk mengonsumsinya secara berlebihan. Bagi anda yang sedang hamil, memiliki penyakit liver, ginjal, maupun balita dilarang untuk mengonsumsi jamu tradisional ini. Demikian Cara Membuat dan Resep Jamu Kunyit Asam yang sehat dan berkhasiat. Selamat mencoba, semoga bermanfaat

Terima kasih sudah membaca artikel Resep Minuman Tradisional Kunyit Asam yang Menyehatkan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 5, 2015