Resep Rahasia Tumis Pare Tanpa Rasa Pahit

Resep Rahasia Tumis Pare Tanpa Rasa PahitPare ternyata bisa dinikmati tanpa ada rasa pahit – Peria atau juga dikenal sebagai pare, adalah salah satu jenis tanaman merambat yang memiliki nama binomial Momordica charantia, dan oleh masyarakat Indonesia sering dimanfaatkan buahnya sebagai bahan untuk membuat masakan, bahkan ada juga yang dijadikan obat. Tanaman seperti ini berdasarkan dari sumber yang kami dapat berasal dari Asia Tropis terutama India bagian barat, namun di Indonesia sendiri juga mudah untuk bisa ditemukan.

Resep tumis pare yang nikmat

Mungkin sebagian dari anda sudah pernah mencicipi masakan seperti ini, karena oseng-oseng pare memiliki rasa yang khas yaitu perpaduan rasa gurih, pedas dan sedikit pahit yang menjadikannya daya tariknya. Ini dia resep tumis pare nikmat yang harus anda ketahui.

-Resep Tumis Pare

500 gram pare
125 gram udang rawa
3 sendok makan untuk menumis

-Bumbu

4 siung bawang merah, iris halus
3 siung bawang putih, iris halus
10 butir cabe merah besar, diiris-iris
4 butir cabe rawit merah, diiris-iris
50 gram gula merah, disisir
1 lembar daun salam
1 potong lengkuas
Garam secukupnya

Baca Juga : Selain Jadi Bumbu, Bawang Juga Bermanfaat Membersihkan Rumah Lho

Cara mengolah pare tanpa ada rasa pahit

Masakan ini juga merupakan salah satu masakan tradisional khas Indonesia yang sudah ada secara turun-temurun sejak dahulu. Bagi anda yang sedang ingin membuat masakan seperti ini, berikut adalah cara membuatnya tanpa merasakan pahit dari sayur pare :

  • Potong-potonglah pare agak tipis-tipis, kemudian remas-remas dengan garam supaya rasa pahit berkurang. Jika sudah cuci bersih
  • Tumislah bawang merah, bawang putih, cabe besar, dan cabe rawit dengan sedikit minyak hingga harum.
  • Masukan udang dan garam kemudian aduk hingga merata
  • Jika sudah masukan pare, gula merah, tambahkan sedikit air dan vitsin kemudian aduk kembali.
  • Tutuplah dan tunggu hingga pare empuk dan matang.
  • Angkat dan sajikan.

Jadi untuk menghilangkan rasa pahit pada sayur pare itu cukup diremas-remas dengan garam saja. Supaya tetap lemas anda bisa merendamnya dengan air panas kemudian baru diolah menjadi tumis. Selamat mencoba ya!

Terima kasih sudah membaca artikel Resep Rahasia Tumis Pare Tanpa Rasa Pahit, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - September 1, 2015