Resep Rawon Daging Enak dan Praktis

SokTau – Rawon merupakan salah satu makanan khas di Jawa timur. Khususnya di daerah Surabaya, rawon bukan menjadi makanan yang asing. Bahkan, di kota tersebut hingga kini terkenal sebagai daerah yang menyediakan rasa yang tiada duanya. Berbicara mengenai rawon, makanan yang satu ini memang bisa ditemukan di mana saja kita berada. Dengan kata lain, daerah lain pun banyak yang menyediakan makanan yang satu ini. Rawon merupakan makanan yang berupa sup daging dengan campuran bumbu khas di dalamnya yang mengandung kluek. Pada dasarnya, bahan utama rawon adalah daging sapi yang telah dipotong kecil-kecil. Beberapa bumbu campuran untuk memasak rawon adalah lengkuas, bawang putih, ketumbar, kunyit, cabai, kluek, dan minyak nabati. Sebelum membuat rawon, sudah pasti keseluruhan bahan-bahannya dihaluskan terlebih dahulu kecuali lengkuas dan serai. Selanjutnya bumbu-bumbu tersebut ditumis hingga harum dan selanjutnya dimasukkan dan dicampur dengan rebusan daging sapi yang telah disiapkan.

Resep Rawon Daging

Resep Rawon Daging Enak dan Praktis

Rawon memang sangat cocok disantap dalam kondisi apapun. Biasanya, salah satu daya tarik dari rawon selain aromanya adalah warna yang ditunjukkan oleh rawon itu sendiri. Rawon memiliki warna yang gelap dan sudah pasti sangat menggairahkan selera makan. Selanjutnya rawon disajikan dengan nasi putih dan diberi tambahan krupuk udang. Untuk memperlengkap dari sajian menu rawon ini, biasanya ditambahkan dengan tauge, bawang merah goreng, dan juga sambel. Bagi masyarakat Jawa Timur, rawon merupakan makanan yang sangat khas dan menjadi salah satu makanan favorit.

Nah, bagi Anda yang ingin menyajikan menu spesial untuk keluarga, Anda bisa menyajikan menu rawon ini dengan kuah serta irisan daging sapi yang kecil-kecil. Kuah yang hitam pekat akan menjadi ciri khas dari makanan tersebut. biasanya, ada orang tertentu yang memasak rawon dengan menggunakan bahan dasar daging ayam. Akan tetapi, secara umum menu rawon menggunakan daging sapi. Berikut resep rawon daging spesial yang bisa Anda coba di rumah.

Seperti yang telah diuraikan di atas, ada beberapa bahan yang harus disiapkan ketika akan memasak rawon. Bahan-bahan tersebut di antaranya daging sapi, air, dengkul sapi, daun bawang, minyak untuk menumis, serai yang telah dimemarkan, lengkuas, dan daun jeruk. Selain bumbu di atas, ada pula bumbu halus yang harus disiapkan antara lain kluwak, bawang merah, kunyit, bawang putih, jahe, ketumbar, lada, garam, dan gula.

Baca juga: Resep Mie Goreng Jawa Sederhana dan Praktis

Cara Membuat Rawon Daging

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika akan memasak rawon adalah merebus daging sapi hingga masak dan lunak. Selanjutnya, bumbu yang sudah disiapkan ditumis hingga harum. Jika sudah, daging yang sudah masak dimasukkan dan dicampur dengan bumbu yang sedang ditumis. Ketika mencampurkan daging dengan bumbu yang ditumis ini dibarengi dengan air hasil rebusan daging atau biasa disebut dengan kaldu. Selanjutnya, biarkan untuk beberapa saat hingga semuanya tercampur sempurna dan daging menjadi lebih empuk. Tunggu beberapa menit dan rawon siap untuk disajikan.

Terima kasih sudah membaca artikel Resep Rawon Daging Enak dan Praktis, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - February 16, 2017