Resep Rujak Khas Aceh, Teman Tepat Saat Musim Hujan

Resep Rujak Khas Aceh, Teman Tepat Saat Musim Hujan

SokTau.com – Musim hujan gini enaknya makan yang pedes biar tubuh lebih hangat. Salah satu kuliner yang cocok adalah rujak. Rujak sudah seperti mendarah daging di masyarakat Indonesia sejak jaman dahulu. Kuliner ini sangat sederhana, bisa dengan kombinasi sayur, buah, lontong dan bahan pelengkap lainnya lalu disiram dengan sambal yang pedas. Walaupun pembuatannya simpel dan sederhana, nyatanya rujak bikin nagih lho, kamu juga kan, apalagi tinggal makan?

Resep rujak khas Aceh

Nah, kali ini kami akan memberikan info resep rujak khas Aceh yang bisa Kamu coba sendiri dirumah bersama keluarga atau sahabat. Rujak Aceh ini mempunyai cita rasa pedas, mani dan asam. Dipadukan dengan buah-buahan segar sehingga membuat kuliner khas Aceh ini lebih nikmat. Dah gak sabar mau bikin rujak? Yuk, langsung saja berikut resepnya.

Rujak Aceh paling nikmat bila disajikan dalam kondisi dingin

Bahan:

  • mangga muda 300 gram, kupas dan iris seperti korek api.
  • Bengkuang 300 gram, kupas terus serut kasar.
  • Mentimun 200 gram, iris tipis-tipis.
  • 1 buah nanas, kupas lalu potong kecil-kecil.
  • mangga kweni 200 gram, kupas, cincang kasar.
  • jambu air 200 gram, cincang kasar.

Bahan bumbu rujak :

  1. 200 gram gula jawa
  2. 10 cabai rawit
  3. 1 1/2 sdt garam
  4. 50 gram gula pasir
  5. sdt terasi
  6. air asam jawa 2 sdm
  7. 350 ml air panas
  8. 150 gram kacang terus digoreng.

Cara Pembuatan :

  1. Haluskan semua bahan bahan bumbu rujak diatas mualai dari cabai rawit, gula pasir, gula jawa, terasi dan garam. Masukan kacang tanah yang sudah digoreng tadi dan tumbuk hingga halus.
  2. Selanjutnya campurkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi dengan seluruh buah-buahan yang telah disiapkan. Masukan air panas, lalu aduk-aduk sampai buah mengeluarkan air.
  3. Angkat terus masukkan dalam kulkas
  4. Rujak dingin pedas khas Aceh sudah diap disajikan.

Baca Juga: 4 Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan

Nah, mudah sekali kan? Bisa Kamu buat ramai-ramai dengan teman di kost atau di rumah. Selain rasanya yang nikmat dan mantap, bahan-bahannya juga sangat murah dan mudah didapat. Selamat mencoba.

Terima kasih sudah membaca artikel Resep Rujak Khas Aceh, Teman Tepat Saat Musim Hujan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - March 3, 2016