Resep Tempe Bacem Jawa Yang Enak

SokTau – Tempe merupakan makanan asli Indonesia. pesonanya pun tidak bisa terelakkan lagi. bahkan hingga ke mancanegara sekalipun makanan yang sederhana ini banyak sekali peminatnya. Tahukah Anda jika tempe bisa diolah menjadi berbagai ragam jenis makanan? Jika biasanya kita menemukan tempe hanya dengan digoreng saja, namun lain halnya dengan hasil olahan tempe yang satu ini. tempe dioleh menjadi suatu masakan yang orang biasanya menyebutnya dengan tempe bacem. Bagi masyarakat Indonesia khususnya orang Jawa, mungkin tempe bacem bukan suatu hal yang baru lagi. Bahkan, banyak masyarakat yang mengidolakan masakan yang satu ini dan bahkan menjadi makanan yang wajib ada ketika ada perayaan tertentu. Nah, sebenarnya bagaimana sih caranya mengolah tempe menjadi tempe bacem?

Resep Tempe Bacem Jawa

Resep Tempe Bacem Jawa Yang Enak

Masakan yang bisa disajikan menjadi makanan bacem sebenarnya tidak hanya tempe saja. akan tetapi, tahu pun bisa dioleh menjadi makanan bacem. Akan tetapi yang kita bahas kali ini adalah tempe yang dioleh menjadi masakan bacem. Ketika menikmati makanan yang satu ini, bacem disajikan dengan dilengkapi nasi hangat. Sungguh rasanya pun tidak dapat terelakkan lagi tentunya. Cara memasak tempe bacem pun sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Ada pula orang yang memasak tempe ini menggunakan air kelapa, namun ada juga yang tanpa menggunakan air kelapa. Berikut resep membuat tempe bacem yang nikmat dan bisa Anda coba.

Bahan Untuk Membuat Tempe Bacem:

  • 1 tempe dipotong menjadi 10 bagian
  • 5 siung bawang merah beserta kulitnya
  • 1 sendok makan ketumbar halus
  • 3 siung bawang putih beserta kulitnya200 gram gula merah
  • Garam secukupnya
  • 2 sendok makan asam jawa
  • Air secukupnya
  • Daun dalam dan lengkuas

Cara membuat Tempe bacem:

Ketika akan membuat tempe bacem, ada beberapa langkah yang harus dilewati. Langkah-langkah berikut akan mempermudah Anda ketika memasak. Dengan kata lain, Anda memiliki panduan tentang tahapan apa saja yang harus Anda lewati.

Pertama, masukkan tempa yang telah dipotong ke dalam panci atau pun wajan. Selanjutnya, tuangkan segala bumbu yang telah disiapkan serta telah dihaluskan ke dalam wajan atau panci dengan menambahkan air secukupnya beserta dengan garam. Untuk menghasilkan aroma yang maksimal, Anda bisa menambahkan daun salam dan lengkuas yang kemudian direbus hingga beberapa saat. Jika air sudah meresap, maka tempe diangkat dan didinginkan. Jika sudah dingin, tempe digorengan dengan kondisi api yang sedang hingga berwarna kecoklatan. Nah jika sudah, tempe siap untuk disajikan.

Baca juga: Resep Soto Lamongan Asli Sederhana

Sangat mudah bukan membuat tempe bacem? Anda bisa mencobanya sekarang di rumah. Dari pada membeli di warung makan, bukankah membuat sendiri akan lebih hemat dan higienis? Oleh karena itu, cobalah untuk menerapkan resep dan langkah-langkah membuat tempe bacem di atas di rumah Anda sekarang juga.

Terima kasih sudah membaca artikel Resep Tempe Bacem Jawa Yang Enak, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - February 18, 2017