SBY Tak Mau Bicara Transisi Terlalu Cepat Dengan Jokowi

SBY Tak Mau Bicara Transisi Terlalu Cepat Dengan Jokowi

Saat ini presiden terpilih Republik Indonesia Joko Widodo sedang mempersiapkan transisi pemerintahan. Transisi pemerintahan memang harus dipersiapkan sejak saat ini mengingat tugas dan kewajiban Presiden maupun Wakil Presiden sangat banyak. Ternyata persiapan yang dilakukan oleh Jokowi ditanggapi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Presiden SBY terlihat menanggapi kondisi ini dengan mengunggah sebuah video youtube yang diunggah melalui twitter resmi @SBYudhoyono pada Kamis malam (7/8).

SBY sendiri juga sangat memahami bahwa calon presiden dan wakil presiden telah mempersiapkan semua ini, mengingat dalam kurun waktu satu bulan keduanya harus langsung mengeri bahkan turun langsung dalam kancah Internasional. Mulai dari ASEAN Plus, KTT ASEAN, KTT Asia Timur, APEC dan juga G20. Beberapa tahun belakangan ini Indonesia memang memiliki peran yang sangat penting dalam forum tersebut. Untuk itu presiden dan wakil presiden terpilih harus memiliki persiapan yang sangat baik.

SBY juga mengatakan bahwa persiapan yang dilakukan Jokowi untuk memulai transisi bukanlah tindakan yang salah, bahkan itu adalah hal yang sangat benar. SBY juga sempat menceritakan mengenai pengalamannya pada tahun 2004 silam, dimana pada tanggal 4 Oktober 2004 dinyatakan resmi menjadi Presiden terpilih dan memiliki kesempatan yang baik untuk memajukan dan mengembangkan bangsa Indonesia.

Dulu SBY mengaku tak memiliki akses untuk melakukan persiapan apapun sebelum memangku jabatan tertinggi sebagai seorang presiden Republik Indonesia. Meskipun persiapan tersebut sangat perlu dilakukan, namun semuanya harus mempertimbangkan waktu yang tepat untuk membahas hal tersebut, mengingat saat ini telah berlangsung gugatan terhadap hasil pemilu oleh pasangan Prabowo-Hatta.

SBY mengaku sangat mendukung langkah-langkah yang dilakukan Jokowi (persiapan transisi) namun beliau meminta agar timingnya disesuaikan agar menghormati pihak lain. Dirasa sangat tidak etis jika membicarakan masalah transisi sedangkan Mahkamah Konstitusi (MK) saat ini sedang melakukan sidang gugatan yang dilayangkan oleh kubu lain.

MK memang belum mengambil keputusan apapun mengenai gugatan tersebut, namun persiapan transisi bisa dilakukan setelah keputusan tersebut ada. Tanggapan SBY mengenai persiapan transisi pemerintah ini memang sengaja dilakukan untuk menghormati kubu lain yang ingin mencari haknya, dan hal tersebut disarasa syah-syah saja. Semoga berita menarik diatas dapat menambah wawasan anda

Terima kasih sudah membaca artikel SBY Tak Mau Bicara Transisi Terlalu Cepat Dengan Jokowi, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - August 9, 2014