Sholat Tarawih Di Bulan Puasa Miliki Berbagai Keutamaan yang Luar Biasa

Sholat Tarawih Di Bulan Puasa Miliki Berbagai Keutamaan yang Luar Biasa

Berbagai Keutamaan yang Luar Biasa ketika lakukan Sholat Tarawih Di Bulan Puasa —Marhaban ya Ramadhan, tiba kita di bulan Suci Ramadhan tahun 2015,kini waktu kita semua para umat muslim berlomba-lomba untuk melakukan berbagai macam kebaikan dan amal ibadah. Momen bulan suci yang penuh berkah dan pahala ini harus kita manfaatkan sebaik mungkin, membersihkan hati dan jiwa dari segala hal buruk yang tentu saja bisa membatalkan puasa.

Berbicara mengenai bulan suci Ramadhan, satu ibadah yang tidak mungkin ketinggalan, yaitu ibadah Sholat tarawih. Sholat sunah yang dilaksanakan dengan berjamaah ini merupakan salah satu warna dari momen bulan suci Ramadhan. Datang satu tahun sekali baiknya sholat tarawih harus dijalankan dengan penuh kegembiraan dan harapan. Dengan adanya sholat tarawih ini, silaturahmi antar tetangga akan lebih erat dan lebih menyenangkan.

Sholat Tarawih, rakaat dan niatnya

Tidak semua orang paham akan niat sholat tarawih dan juga rakaat untuk menjalankannya. Pasalnya beberapa ulama memiliki pendapat yang berbeda dengan para ulama tergantung pada aliran apa yang mereka ikuti. Sholat tarawih merupakan sholat berjamaah yang telah dijalankan sejak masa kekhalifahan Umar bin Khattab.

Kemunculan beragam pemahaman tentang niat dan juga rakaat sholat tarawih, banyak orang merasa bingung untuk memilih yang mana. Ada beberapa pihak yang menyatakan bahwa jumlah rakaat sholat tarawih adalah 8 rakaat atau 20 rakaat. Namun untuk masalah yang satu ini anda jangan khawatir, karena keduanya sama-sama memiliki dalil.

Dalil bagi sholat tarawih 11 rakaat merupakan ucapan dari Aisyah yang telah menjelaskan mengenai tata cara shalat Rasulullah pada bulan Ramadhan,

Beliau (Nabi) tidak pernah menambah (jumlah rakaat) di bulan Ramadan dan selain Ramadan dari sebelas rakaat. Beliau shalat empat (rakaat), jangan tanya bagus dan panjangnya. Kemudian beliau shalat lagi empat (rakaat), jangan tanya bagus dan panjangnya, kemudian beliau shalat tiga (rakaat) ….” (HR. Bukhari).

Sedangkan bagi mereka yang mantap dengan salat 20 rakaat biasanya mengambil rujukan dari  riwayat Al Mughirah r.a., “Nabi Saw shalat malam sampai bengkak kedua tumit atau betisnya.” Yang kemudian diperlengkapi dengan penjelasan dari Imam An-Nawawi, “Shalat Tarawih adalah sunnah menurut ijma (konsensus) para ulama. Dalam mazhab kami (shalat Tarawih) adalah dua puluh rakaat dengan sepuluh kali salam (per dua rakaat) dan dibolehkan (pelaksanaannya) sendiri atau berjama’ah.” (Al-Majmu, 4/31)

Niat sholat tarawih :

ﺃُﺻَﻠِّﻲْ ﺳُﻨَّﺔَ ﺍﻟﺘَّﺮَﺍﻭِﻳْﺢِ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ ﻣُﺴْﺘَﻘْﺒِﻞَ ﺍﻟْﻘِﺒْﻠَﺔِ  ﻣَﺄْﻣُﻮْﻣًﺎ ﻟِﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Usholli sunnatattarawihi rak’ataini mustaqbilalqiblati ma-muman lillahi ta’ala

Artinya: Saya niat sholat tarawih dua rakaat dengan menghadap qiblat menjadi  ma’mum karena Allah ta’ala.

Baca Juga : Gaya Baru Syahrini Dalam Berbusana Muslim Di Tahun 2015

Sholat Tarawih dan keutamaanya

  1. Salat pada malam pertama merupakan proses dimana orang mukmin keluar dari dosanya seperti keadaan wal dia dilahirkan oleh ibunya.
  2. Malam ke-2 ia diampuni, dan juga kedua orang tuanya (jika semuanya mukmin)
  3. Malam ke-3 ketiga, seruan malaikat “Mulailah beramal, semoga Allah mengampuni dosamu yang telah lewat”.
  4. Malam ke-4 dia mendapatkan pahal seperti pahala membaca Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Furqan (Al-Quran).
  5. Malam ke-5 , Allah Ta’ala memberikan pahala layaknya orang shalat di Masjidil Haram, dan Masjidil Aqsha.
  6. Malam ke-6, diberikan pahala layaknya orang berthawaf di Baitul Makmur
  7. Malam ke-7 seolah-olah orang telah mencapai drajat Nabi Musa a.s. dan kemenangannya atas Fir’aun dan Haman.
  8. Malam ke-8 , diberikan sesuatu yang pernah Dia berikan kepada Nabi Ibrahim a.s.
  9. Malam ke-9, seolah-olah manusia beribadat kepada Allah sebagaimana ibadatnya Nabi SAW.
  10. Malam ke-10, Allah Ta’ala mengaruniai dia kebaikan dunia dan akhirat.

Poin- poin keutamaan tersebut akan terus berlanjut dengan pahala yang semakin berlipat ganda hingga malam ke-30 Ramadhan hingga Allah telah menurunkan firmannya,

Hai hamba-Ku, makanlah buah-buahan surga, mandilah dari air Salsabil dan minumlah dari telaga Kautsar. Akulah Tuhanmu, dan engkau hamba-Ku” (HR Majalis).

Selamat menunaikan ibadah puasa dan Shalat Tarawih, jangan lupa tadarus guys.

Terima kasih sudah membaca artikel Sholat Tarawih Di Bulan Puasa Miliki Berbagai Keutamaan yang Luar Biasa, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 18, 2015