Sumur Penuh Misteri di Dieng, Wisata Sumur Jalatunda

SokTau – Bagi Anda yang memutuskan berwisata di Dieng, Anda tak perlu khawatir kebingungan untuk memilih destinasi wisata yang tepat. Di sana banyak sekali tempat wisata yang dijamin akan membuat kegiatan berlibur Anda semakin berwarna. Rasanya kurang afdhol dan kurang lengkap jika tidak mengunjungi salah satu tempat yang sangat eksotis dengan keindahan yang dimilikinya. Wisata yang dimaksud tersebut adalah Sumur Jatulanda yang merupakan tempat wajib yang harus Anda kunjungi ketika berada di Dieng. Konon, sumur ini merupakan sumur terbesar di Indonesia.

Wisata Sumur Jalatunda

Sumur Penuh Misteri di Dieng, Wisata Sumur Jalatunda

Arti nama dari kata “Jalatunda” itu sendiri memiliki makna tersendiri. Kata jalatunda berasal dari kata “Jala” dan “Tunda” yang memiliki arti jangan menunda untuk melakukan perbuatan baik. Berdasarkan mitos, tempat tersebut memiliki banyak misteri tersembunyi. Berdasarkan cerita yang dipercaya oleh masyarakat sekitar, objek Wisata Sumur ini terbentuk akibat adanya letusan yang sangat dahsyat dari Gunung Purba yang terdapat di Dieng pada ratusan tahun lalu. Sampai saat ini, di sana hanya tersisa lubang yang memiliki panjang serta lebar sekitar 90 meter serta memiliki kedalaman sekitar ratusan hingga ribuan meter. Mengenai kedalaman nyata dari sumur ini, belum pernah ada penelitian yang membuktikan secara nyata.

Versi Cerita Dari Nama Sumur Jalatunda

Mengenai sejarah dari nama Jalatunda, lagi-lagi diperoleh dari cerita rakyat setempat dengan dua versi. Pertama, nama tersebut diambil dari cerita pewayangan Mahabarata. Dulu, masyarakat percaya bahwa tokoh tersebut menggunakan sumur ini guna menghubungkan dunia menuju bumi hingga mencapai lapisan ke tujuh. Mengenai versi keduanya yaitu sumur tersebut terbentuk karena adanya pijakan kaki dari Sang Bima atau biasa disebut Werkudara yang kala itu sedang marah. Kemudian, terbentuklah sebuah lubang yang begitu besar hingga pada akhirnya bermuara air pada lubang tersebut. Terlepas dari mitos yang dipercaya oleh masyarakat tersebut, tetaplah tempat ini dijadikan sebagai tempat untuk berwisata bagi para remaja hingga dewasa.

Mengabadikan Momen Ketika Berada Di Jatalunda

Seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat kini mulai merasakan kemudahan dari adanya teknologi canggih. Salah satu kemudahan yang dirasakan masyarakat adalah hadirnya kamera dengan berbagai versi. Tak heran jika hampir setiap orang memiliki kamera sendiri dan mencoba mengabadikan momen terbaik mereka ketika berada di tempat wisata manapun. Begitu pula ketika Anda ingin berkunjung ke Jalatunda ini. Anda pun memiliki kesempatan yang banyak untuk mengabadikan momen tersebut bersama dengan sahabat, keluarga, atau pun pacar. Pemandangannya yang bagus serta hamparan pepohonan yang menghijau akan memanjakan setiap mata yang memandang.

Dataran tinggi Dieng ini masuk dalam daerah lingkaran Vulkanik serta Gunung Api sehingga tak heran jika Dieng memiliki destinasi wisata yang keren dan wajib untuk dikunjungi. Sementara itu, tempat wisata lain di Dieng ini juga banyak yang terbentuk akibat letusan gunung Purba yang terdapat di sana. Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan wisata ke Jatalunda, Anda bisa menggunakan motor sebagai media supaya bisa sampai pada lokasi wisata. Jika kebetulan bersama anggota keluarga, Anda juga bisa mengendarai mobil. Jalanan untuk menuju ke lokasi cukup mudah sehingga aman jika menggunakan motor atau pun mobil. Untuk alurnya, Anda bisa melewati Desa Pekasiran, Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara. Untuk menemukan lokasi dari wisata ini pun Anda tak perlu kesulitan karena di perjalanan Anda akan disambut dengan gapura yang bertuliskan “Sumur Jatulanda” serta pemandangan sekitar yang tak kalah indah. Pemandangan tersebut tak lain adalah perkebunan milik warga dengan berbagai tanaman serta di sana juga sudah terdapat pengolahan panas bumi yang dikelola oleh PT Geopedia.

Biaya Masuk Ke Wisata

Untuk bisa menikmati pemandangan sekitar Jalatunda serta melihat langsung sumur yang memiliki sejuta cerita mistis tersebut Anda hanya membayar biaya masuk sebesar 5.000 rupiah saja. Biaya tersebut bagi wisatawan domestik atau pun asing. Sangat murah bukan? Hanya dengan uang 5.000 rupiah saja Anda bisa menikmati keindahan pegunungan serta melihat langsung tempat yang unik nan bersejarah. Akan tetapi, biaya 5.000 tersebut belum masuk dalam biaya ketika masuk ke wilayah Dieng. Dengan demikian, untuk tiket masuk ketika sudah masuk dalam area Dieng Anda harus membayar lagi dengan biaya sekitar I0.000 rupiah.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Museum Kailasa Banjarnegara

Melakukan wisata tidak harus di tempat-tempat yang mahal dan mewah. Di luar sana masih banyak tempat-tempat yang tak kalah menarik dari tempat wisata yang mahal. Contohnya saja sumur Jalatunda yang hanya mematok biaya masuk sebesar 5.000 rupiah dan Anda bisa menikmati keindahan di sekitar dengan hamparan pemandangan menghijau yang begitu luas. Untuk itu, segera luangkan waktu sibuk Anda dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang unik nan murah di sekitar kota Dieng Banjarnegara.

Terima kasih sudah membaca artikel Sumur Penuh Misteri di Dieng, Wisata Sumur Jalatunda, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - December 13, 2016