Tahun 2020 Diperkirakan Prosesor IBM Akan Samai Otak Manusia

Tahun 2020 Diperkirakan Prosesor IBM Akan Samai Otak Manusia

Meskipun saat ini banyak sekali prosesor yang diciptakan para ilmuwan sangat cerdas, ternyata otak manusia masih tetap kompleks dan paling cerdas di dunia. Namun sebuah perusahaan hardwere dunia bernama IBM mematahkan keyakinan tersebut. Para peneliti dari IBM kini melakukan sebuah riset untuk menciptakan sebuah prosesor yang memiliki kemampuan sama persis dengan otak manusia.

Riset yang telah dilakukan selama kurang lebih 5 tahun ini memang terlihat memberikan hasil yang signifikan. Sebentar lagi sebuah prosesor generai kedua yang bernama “True North” akan segera muncul dan diklaim sebagai perangkat paling canggih di dunia yang menggunakan prinsip kerja layaknya otak manusia baik dari segi arsitektur, ukuran, skalabilitas, desain hingga efisiensinya.

Dalam penelitian tersebut IBM sangat berharap nantinya akan membuat sebuah prosesor dengan kekuatan yang dapat menyamai otak. Prosesor ini memiliki tipe single-core yang memiliki total satu juga saraf, 256 sinapsis atau sambungan serta 4.096 inti yang disusun dengan menggunakan paralel. Ukuran prosesor ini sangat mini yaitu sebesar perangko. Tentu saja IBM sangat berharap impian tersebut dapat terwujud dengan baik.

Sebelumnya pihal IBM mengatakan belum memiliki keinginan untuk membuat alat canggih yang demikian namun karena memiliki sebuah rencana membuat computer pertama yang memiliki kemampuan memproses data yang punya kinerja sama dengan otak manusia, kini Prosesor ini akan segera jadi dan mungkin sati-satunya prosesor tercanggih di dunia.

Pada tahun 2020 nanti, unit penelitian yang ada di IBM akan membuat prosesor tersebut dan dijamin jadi. Menurut para peneliti hal ini cukup berasalan karena prosesor yang bernama TrueNorth sangat hemat energy dan mudah sekali digunakan. Bahkan untuk menjalankannya hanya membutuhkan energy sekitar 70 miliwatt. Masyarakat dunia nantinya akan dikejutkan dengan penemuan teknologi terbaru ini dan dipastikan dapat membantu kegiatan manusia lebih baik lagi.

Meskipun harus menggunakan waktu yang sangat banyak untuk melakukan penelitian, ternyata hasil yang didapatkan sangat tidak sia-sia. Semoga info unik mengenai teknologi terbaru di dunia ini dapat menambah wawasan anda dan dapat memberikan pengetahuan yang lebih banyak lagi.

Terima kasih sudah membaca artikel Tahun 2020 Diperkirakan Prosesor IBM Akan Samai Otak Manusia, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - August 9, 2014