Tau Gak 13 Manfaat Spons untuk Kehidupan Manusia

SokTau – Spons sering identik dengan kegunaannya di dapur sebagai alat pencuci piring serba guna. Spons mungkin sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Busa berongga dengan tekstur yang berpori dan mampu menyerap baik air dan menyimpannya lebih lama juga karena permukaan spons yang lembut. Namun tahukah anda, selain pencuci piring spons memiliki berbagai kegunaan lebih yang bisa Kita ketahui. Tak hanya mampu menyerap air dengan baik, spons dengan tekstur lembutnya mampu menjadi pelindung baik benda-benda yang mudah pecah.

Manfaat Spons untuk Kehidupan Manusia

Tau Gak 13 Manfaat Spons untuk Kehidupan Manusia

Spons dijual dengan berbagai ukuran dan berwarna – warni. Dalam kemasan biasa spons biasanya di satu sisi berwarna kuning dengan tekstur lembut dan sisi lainnya berwarna hijau dengan tekstur yang lebih kasar. Spons dengan manfaatnya yang serba guna, tentunya membantu pekerjaan sehari-hari terutama pekerjaan rumah tangga.

Nah berikut manfaat lain dari spons yang perlu Anda ketahui. Langsung saja ya:

  1. Pembersih kaca nako pada jendela rumah dan bangunan lainnya

Mulai sekarang Anda tak perlu khawatir dan repot-repot menggunakan kain basah yang tentunya tidak efektif membersihkan jendela khususnya yang terbuat dari kaca nako. Cukup menggunakan spons. Pertama siapkan 2 spons, gunakan spons dengan 2 sisi/lembar. Pakailah pisau atau gunting untuk membelah bagian antara sisi kuning dan hijau sisakan sedikit saja agar tidak terputus sepenuhnya. Pakailah capit dari bilah bambu atau mudahnya anda bisa menggunakan penjepit makanan sebagai capit. Masukkan kedua sisi penjapit pada setiap spons yang sudah dilubangi tersebut. Nah, kini Anda bisa membersihkan kedua sisi kaca nako secara bersamaan. Simpel sekali.

  1. Tempat menyimpan jarum

Bagi Anda yang berhijab bahkan tukang jahit keberadaan spons dinilai sangat berguna sekali karena membantu menyimpankan jarum-jarum. Dibandingkan harus meletakkan dan menyimpannya pada wadah yang akan malah menyebabkan keribetan ketika akan mengambilnya, Anda dapat memakai spons sebagai penyimpan dengan menancapkan jarum-jarum pada spons.

  1. Cuci tangan praktis, spons penyimpan sabun

Anda bisa menjadikan spons sebagai penyimpan sederhana sabun batang agar lebih praktis dan hemat ketika mencuci tangan. Untuk penggunaannya, sediakan satu spons. Gunakan gunting atau pisau mengiris sedikit bagian tengah spons. Kemudian masukkan sabun batangan yang telah disiapkan ke dalam lubang spons tersebut. Ketika akan menggunakannya, basahi sedikit spons dan cukup remas – remas maka secara otomatis busa akan keluar dengan sendirinya. Sangat memudahkan Kita mencuci tangan.

  1. Penyimpan air sementara dalam pot tanaman

Menempatkan spons pada sisi bawah pot dapat membatu menyimpan air lebih lama sehingga Kita tidak perlu repot menyirami tanaman setiap saat. Penggunaan spons pada pot tanaman sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Spons dapat mengatur dan menyeimbangkan keperluan air bagi tanaman. Kelebihan air dalam tanah pada pot akan secara otomatis diserap spons sehingga mencegah kebusukan dan kelayuan tanaman. Juga kemudian air yang diserap spons dapat menjadi air cadangan yang sewaktu-waktu dibutuhkan tanaman.

  1. Pembersih kipas angin

Kini anda tak perlu lagi repot membuka sisi kipas angin untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel dan mengendap. Cukup anda sediakan spons untuk membuat kipas angin mengkilap kembali. Caranya, iris menjadi kotak persegi atau menyerupai dadu bagian busa atau spons yang berwarna kuning. Iris spons namun jangan sampai terputus. Kemudian Anda sudah bisa langsung menggunakan spons yang telah diiris untuk membersihkan debu pada kipas angin dari luar. Cara ini sangat mudah dan membantu sekali, sehingga tidak perlu membuka kipas.

  1. Pembersih selang air

Untuk membersihkan selang, gunakan bagian busa yang kasar, pilin hingga menjadi ukuran yang sesuai dengan lubang selang yang akan dibersihkan. Masukkan kemudian nyalakan air, secara perlahan kotoran dan lumut akan ikut tersapu oleh lilitan yang terdorong air.

  1. Pendingin sederhana untuk minuman

Siapa yang tidak ingin minuman tetap terasa dingin ketika dibawa kemana-mana. Spons dapat dijadikan sebagai pendingin darurat. Tips menjaga minuman tetap dingin adalah dengan, siapkan 1 atau 2 buah spons. Masukkan masing-masing ke dalam kantong plastik dan masukkan air secukupnya lalu tutup rapat. Masukkan ke dalam freezer, diamkan hingga membeku. Kemudian anda dapat menggunakan wadah semisal termos minuman, masukkan es batu dan minuman ke dalamnya.

  1. Spons dengan soda kue penghilang bau tak sedap pada lemari es

Biasanya, lemari es atau kulkas akan berbau tidak sedap yang disebabkan bahan makanan dan minuman yang tercampur menjadi satu di dalamnya. Untuk mengurangi bau tak sedap terutama amis, anda bisa menggunakan spons dan soda kue untuk mengatasinya. Pertama siapkan spons, kemudian bubuhi soda kue pada permukaannya secara merata. Terakhir letakkan di dalam lemari es. Pastinya bau tak sedap perlahan hilang.

  1. Pembersih kuteks sederhana

Anda dapat menggunakan spons untuk menyerap aseton sehingga lebih mudah membersihkan kuteks. Caranya, pertama siapkan spons kemudian masukkan ke dalam wadah (gelas kecil) sampai memenuhi seluruh permukaan wadah. Lalu basahi spons dengan aseton. Kemudian masukkan jari tangan yang ingin dibersihkan, dan lihatlah yang terjadi kuteks dengan mudah tersapu bersih.

  1. Bantalan kaki kursi, meja dan perabotan rumah tangga lainnya

Anda bisa menggunakan spons sebagai bantalan pada berbagai perabotan rumah tangga yang sangat berisiko menggores lantai. Potong dan iris tipis spons sesuaikan dengan ukuran kaki perabotan. Tempelkan dengan lem kuat (lem kayu) pada masing-masing kaki. Dijamin lantai anda akan terhindar dari risiko goresan.

  1. Media penumbuh benih tanaman

Bagi Anda penyuka tanaman hidroponik, spons dapat dimanfaatkan sebagai media penumbuh benih. Untuk penggunaanya, siapkan spons dengan ukuran sesuai yang anda inginkan misal 10 cm x 20 cm. Letakkan pada wadah sebagai penopang spons. Letakkan dan tata benih yang akan ditumbuhkan, seperti misalnya kacang hijau atau jagung. Tempatkan pad posisi cukup sinar matahari. Siram dengan air secukupnya, tunggu beberapa hari kemudian tunas bakal tanaman akan muncul. Selanjutnya Anda bisa memindahkan pada pot apabila cukup besar untuk dipindahkan.

  1. Pelindung benda-benda mudah pecah

Anda dapat menggunakan spons untuk melindungi benda-benda kesayangan yang mudah pecah. Tekstur lembut yang dimiliki spons dapat mencegah benda tergores, retak ataupun pecah ketika mendapat guncangan keras. Spons akan berfungsi sebagai bantal yang mencegah segala bentuk risiko kerusakan. Anda bisa meletakkan spons terlebih dahulu sebelum benda-benda yang mudah pecah sebagai pelindung.

  1. Pembersih karpet dan sofa

Karpet dan sofa merupakan perabotan yang sangat rentan ditempeli debu dan kotoran, terutama rambut maupun bulu khususnya Anda yang mempunyai peliharaan di rumah. Anda dapat menggunakan spons sebagai alternatif pembersih karpet dan sofa yang sangat efektif. Caranya cukup tempel, gosok dan sapukan spons di atas permukaan karpet atau sofa yang akan dibersihkan. Debu terutama bulu-bulu yang mengotori karpet secara otomatis tersapu dengan mudah.

Baca juga: 5 Bahan Alami Ini Bakal Bikin Rambut Cantik Kuat dan Sehat

Demikian manfaat spons yang mungkin tidak diketahui banyak orang. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak 13 Manfaat Spons untuk Kehidupan Manusia, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - April 19, 2017