Tau Gak 7 Makanan Pelancar ASI Yang Wajib Dikonsumsi

Tau Gak 7 Makanan Pelancar ASI Yang Wajib Dikonsumsi

SokTau.com – Bagi Ibu menyusui melancarkan ASI menjadi salah hal yang harus dilakukan supaya balita bisa mendapatkan asupan ASI sesuai kebutuhannya. Banyak Ibu yang mengeluh tidak bisa memberikan ASI kepada buah hati, karena ASI-nya tidak mau keluar atau lancar, sehingga tidak mau menyusui. Cobalah konsumsi beberapa makanan yang sudah dipercaya bisa melancarkan ASI, agar ASI lancar dan deras. Pilih yang menurut Anda paling cocok dan disukai. Kemudian olah sesuai selera.

Inilah 7 makanan sehat pelancar ASI

1.Daun katuk

Kaya protein, kalium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan vitamin C. katuk juga mengandung alkaloid dan sterol yang mempengaruhi produksi ASI. Sebuah riset menunjukkan bahwa setelah mengonsumsi daun katuk, volume ASI bisa meningkat hingga 50% ini bisa dikonsumsi dalam bentuk olahan sayur bening ataupun bobor.

2. Sawi Hijau

Sayuran ini mengandung banyak vitamin, zat besi dan juga fosfor yang mampu memperlancar ASI. Dengan mengonsumsi sawi hijau ASI akan semakin lancar dan tentunya memiliki kualitas baik.

3. Bayam hijau/merah

Kandungan vitamin B6, za besi, protein, thiamin, ribloflavin, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin A, C, E, dan K. Jadi, konsumsi bayam lebih banyak dari biasanya akan menambah kandungan vitamin B6 dalam ASI.

4. Pare

Sayur pahit ini, vitamin C, dan juga antioksidan yang berguna untuk melindungi sel dari kerusakan. Dari berbagai vitamin inilah, sayur Pare mampu meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

5. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin A, vitamin C, asam folat, dan kalium. Pepaya juga rendah kandungan kolesterol, lemak jenuh dan natrium. Pepaya punya kandungan lebih banyak 33% vitamin dan 50% kalium dibanding jeruk. Baik untuk memenuhi kebutuhan kalium di masa menyusui.

6. Semangka

Buah ini mengandung vitamin A dan C, kalium serta asam folat, namun rendah kandungan lemak jenuh, kolesterol dan natrium. Baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin A ibu menyusui yang satu setengah kali lipat lebih banyak daripada perempuan yang tidak menyusui.

7. Kacang hijau.

Kaya protein, tiamin (vitamin B1), zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan mangan. Tiamin atau vitamin B1 mengubah karbohidarat menjadi energi karena ibu menyusui butuh energi lebih besar dibanding saat hamil.

Baca Juga: Anda Penderita Diabet? Yuk Coba Alternatif Pemanis Selain Gula

7 makanan sehat yang mampu melancarkan ASI ini bisa dikonsumsi secara rutin supaya buah hati anda bisa tumbuh sehat dengan ASI yang mencukupi. Semoga bermanfaat bunda.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak 7 Makanan Pelancar ASI Yang Wajib Dikonsumsi, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 29, 2015