Tau Gak Ada Arca Lembu Suro Asli Di Gunung Kelud

Beberapa hari pasca erupsi gunung Kelud masyarakat Kediri dan sekitarnya heboh dengan kemunculan arca Lembu Suro dan Mahesa Suro. Meskipun fakta kemunculan arca di lereng kelud yang berlokasi di gunung Gedang tepatnya di daerah kota Blitar Jawa Timur ini membuat warga lereng kelud heboh untuk menyaksikannya.

Gunung Gedang merupakan salah satu pegunungan kecil yang terletak di sekeliling gunung Kelud. Munculnya arca di gunung Gedang ini mengingatkan masyarakat lereng kelud untuk mengenang legenda gunung Kelud. Sehingga tidak sedikit warga sekitar menyaksikan arca ini sehingga menjadi tempat wisata dadakan pasca erupsi gunung Kelud bulan Februari kemarin.

Menurut legendanya gunung Kelud adalah tempat di mana Lembu Suro serta Mahesa Suro yang merupakan raja berasal dari bangsa gaib dikubur hidup–hidup. Kedua raja dari bangsa ghaib ini hampir memenangkan sayembara untuk menjadi pendamping Dewi Kilisuci. Karena Dewi Kilisuci tidak menyukai kedua orang yang bekepala binatang bertubuh manusia akhirnya berniat mencelakakan dengan menyuruh untuk dibuatkan sumur dipuncak Kelud.

Keduanya berlomba–lomba untuk menggali sumur yang dalam karena siapa lebih dalam akan menjadi pendamping Dewi Kilisuci. Namun, ketika kedua raja itu menggali sumur raja Kediri yaitu ayahanda Dewi Kilisuci memerintahkan mengubur kedua raja dari alam gaib dalam keadaan hidup.

Disimpulkan dari legendanya itu kemunculan arca yang benar–benar ada di gunung Gedang membuat tempat di tengah hutan ini ramai di setiap harinya. Informasi terkait kemunculan arca Lembu Suro dan Mahesa Suro masih simpang siur. Ada yang mengatakan bahwa kedua arca ini sudah berada di lereng gunung Gedang sejak berpuluh tahun lalu, dan beberapa masyarakat berkata bahwa arca tersebut baru muncul pasca erupsi gunung Kelud 13 Februari 2014 kemarin.

erita aneh dan membuat heboh warga Kediri ini sudah tersebar luas hampir semua wilayah di Indonesia sehingga banyak orang yang memastikan kebenaran akan berita ini. Anehnya arca ini berbentuk persis yang tidak berbeda dengan sosok Lembu Suro dan Mahesa Suro, apakah mungkin  jika itu buatan manusia?. Kesimpulannya belum diketahui secara pasti tentang kemunculan kedua arca ini apakah gaib atau dibuat oleh manusia sejak jaman kerajaan dulu.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Ada Arca Lembu Suro Asli Di Gunung Kelud, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - March 23, 2014