Tau Gak Ada Hewan Yang Bisa Hidup 1400 Tahun

MFqzA7s7WA

Mungkin pepatah “Tak ada yang abadi di dunia” benar adanya bagi kebanyakan makhluk hidup, namun mungkin tidak bagi hewan yang satu ini.Nama hewan ini adalah Hydra magnipapillata. Hewan yang masuk ke dalam jenis ganggang ini disebut sebagai salah satu hewan yang punya kemampuan untuk hidup abadi.

Bagaimana tidak, menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa hewan ini bisa hidup lebih dari 1400 tahun lamanya!! Tidak abadi memang, namun untuk membayangkan hidup 1400 tahun lama, sudah sangat lama sekali tentunya.

Baca juga : Tau Gak Tentang Hewan Blesteran Liger dan Tigon

Hewan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1998. Mengenai kenampakan fisik, Hydra magnipapillata memiliki panjang tubuh sekitar 0,2-0,6 inci. Layaknya hydra lainnya, hewan ini juga mempunyai tentakel panjang di sekitar tubuhnya yang jumlahnya kurang lebih berjumlah 4 hingga 12 buah.

Yang menarik adalah di dalam tentakelnya tersebut, terdapat sel-sel khusus yang mampu memperbaharui dirinya sendiri. Dengan cara inilah ia bisa menghindarkan diri dari penuaan fisik bahkan secara biologis bisa dikatakan sebagai hewan yang abadi.

Menurut informasi dari situs sains Scientificamerican, hewan ini menjadi salah satu obyek penelitian yang bekerja untuk menemukan alternative zat anti penuaan. Sistem hidupnya yang unik dan berbeda menjadikan para peneliti kesulitan menemukan bagaimana hewan ini bisa mati secara alami.

Tingkat kematian hewan yang sangat rendah tersebut juga dipengaruhi oleh lingkungan hidup hewan lunak tersebut.

Para ahli yang tertarik kemudian melakukan serangkaian penelitian dengan mengambil dan menempatkan hewan ini dalam lingkungan terkontrol selama rentan waktu tertentu.

Dari situ para peneliti bisa mengestimasi kemampuan hidup hewan tersebut. Hingga akhirnya keluar angka 1400 tahun lamanya hingga proses regenerasinya berhenti.

Hewan ini berkembang biak dengan 3 cara. Yang pertama adalah dengan cara seksual, tunas dan yang regenerasi itu sendiri. Hingga saat ini hewan “abadi” tersebut masih bisa ditemukan di beberapa tempat seperti laut dalam di samudra hindia.

 

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Ada Hewan Yang Bisa Hidup 1400 Tahun, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - February 21, 2014