Tau Gak Alasan Lebah Madu Bunuh Diri

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kamu pernah melihat lebah yang bunuh diri? Mungkin pernah, mungkin juga tidak. Ternyata bukan hanya manusia saja lho yang bisa melakukan bunuh diri, lebah juga bisa melakukannya. Bagaimana caranya, dan apa alasan lebah bunuh diri? Baca terus untuk mengetahuinya.

Lebah memiliki jarum penyengat di ujung ekor mereka, dan akan menyerang mahluk lain yang mengganggu kawanannya dengan menggunakan sengatnya tersebut. Ketika lebah menyengat manusia yang dianggap sebagai pengganggu, lebah tersebut akan meninggalkan jarum penyengatnya di kulit manusia, dan karena hal ini, lebah itu akan segera mati.

Artikel lain: Cara lebah membuat madu

Sebagian besar lebah atau tawon tidak mati setelah menyengat manusia. Penyengat yang dimiliki oleh mereka biasanya berbentuk halus dan digunakan untuk menusuk kulit dan bisa ditarik lagi dengan mudah oleh mereka. Namun, tidak begitu yang terjadi pada lebah madu, mereka akan segera mati setelah menyengat. Ternyata lebah juga memiliki pasukan berani mati hehehe.

Lebah madu memiliki jarum penyengat dimana jarum ini memiliki duri yang berfungsi sebagai alat pertahanan ketika mereka diserang. Saat lebah madu menyengat, mereka tidak hanya sekedar menyengat, namun duri yang ada pada kedua sisi jarum penyengat mereka akan bertindak sebagai pengikat yang bergerak maju mundur dan membuat jarum penyengat menusuk kulit manusia lebih dalam lagi.

Ketika manusia yang disengat memukul lebah, jarum penyengat lebah madu tersebut akan terpisah dari badannya dan menempel pada bagian elastis kulit manusia tadi bersama dengan saluran pencernaan dan racun si lebah. Peristiwa ini membuat lebah mati, tapi pada saat itu otot-otot dalam jarum penyengat tidak berhenti memompa racun ke dalam luka di kulit manusia yang disengat. Selain itu, isi perut lebah menjadi feromon yang memberi isyarat atau sinyal pada lebah-lebah lain untuk menyerang manusia tersebut.

Untuk melindungi sarang mereka, para lebah melakukan strategi bunuh diri dengan sengatan seperti yang dijelaskan di atas. Dan strategi pertahanan dengan bunuh diri ini biasanya hanya dilakukan oleh lebah pekerja. Lebah ratu memang memiliki jarum penyengat juga, tapi sengatannya halus dan bisa digunakan untuk beberapa kali serangan dan tidak perlu mengorbankan diri seperti yang dilakukan lebah pekerja tadi.

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu penjelasan singkat alasan lebah madu bunuh diri. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Alasan Lebah Madu Bunuh Diri, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 28, 2013