Tau Gak Apa Alasan Menutup Panci Saat Memasak

tutup-panci

Setiap kali kita masak menggunakan panci, misalnya saat merebus makanan, pasti kita menggunakan tutup panci. Sebenarnya apa sih tujuan kita menutup panci tersebut? Baca terus ya.

Beberapa orang mengatakan bahwa dengan menutup panci maka panas akan tersimpan di dalam panci dan membuat air di dalam panci tersebut cepat mendidih. Jika kita tidak menutup panci saat memasak, maka panasnya akan cepat hilang. Apakah benar seperti itu?

Artikel lain: Lebah punya otak seperti manusia

 

Menutup panci saat memasak air ternyata dapat membantu mempercepat air di dalamnya menjadi mendidih. Temperatur air di dalam panci akan terus naik saat dipanaskan. Ini akan membuat semakin banyak molekul air yang menerima energi panas dan akan terbang ke udara dalam bentuk uap air.

Saat kita menutup panci, maka uap air tersebut tidak bisa keluar dengan mudah dari dalam panci dan terperangkap di sana. Uap air ini yang suhunya juga tinggi akan membuat energi pada molekul air semakin tinggi dan menguap. Proses inilah yang memuat air pada panci yang dipanaskan cepat mendidih.

Saat kita menutup panci, tekanan di dalam panci tersebut juga akan naik. Dan jika tekanan naik maka titik didih air di dalam panci juga akan naik. Tapi peningkatan titik didih pada panci tersebut tidak terlalu besar. Panci berukuran sedang yang di dalamnya air dipanaskan dan ditutup rapat, hanya mengalami kenaikan titik didih sebanyak 1/10 persen saja.

Kondisi kenaikan titik didih tersebut tidak akan mempengaruhi proses mendidih air. Jadi, dengan menutup panci saat memasak air di dalamnya, maka proses mendidih akan semakin cepat.

Demikianlah penjelasan singkat tentang alasan menutup panci saat memasak. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Apa Alasan Menutup Panci Saat Memasak, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - January 4, 2014