Tau Gak Apa Fungsi Garis Putih Hitam Pada Kulit Zebra

fungsi-garis-putih-pada-zebra

Sobat Sok Tau pasti pernah melihat bagaimana warna kulit hewan Zebra bukan? Kulit Zebra sangat unik, dimana seluruh tubuhnya berwarna hitam dan putih. Sebenarnya apa sih fungsi warna kulit yang putih hitam pada Zebra tersebut? Baca terus untuk mengetahui jawabannya.

Bentuk fisik Zebra memang sangat mirip dengan kuda, namun perbedaan yang paling terlihat dari kedua hewan ini adalah warna belang-belang pada Zebra sangat khas. Setiap Zebra pasti memiliki warna belang-belang hitam dan putih yang membuat hewan ini terlihat sangat unik dibandingkan dengan jenis kuda lainnya.

Artikel lain: Hewan blesteran Liger dan Tigon

Warna belang-belang hitam dan putih yang ada pada tubuh Zebra berfungsi untuk menghindari predator yang akan menyerangnya. Di habitat mereka, yaitu di Savvanah, warna belang-belang ini dapat membuat Zebra berbaur dengan rumput-rumput tinggi di sekitarnya dan membantunya sembunyi dari para predator.

Sebenarnya warna rumput adalah kuning, cokelat, dan hijau. Tidak seperti warna kulit Zebra yang terdiri dari garis-garis berwarna hitam dan putih. Namun, Zebra tetap akan sulit terdeteksi oleh para predator utama, yaitu singa. Ini karena sebenarnya singa itu buta warna. Jadi, singa tidak dapat mengetahui keberadaan Zebra ketika Zebra berdiri diantara rumput tinggi.

Saat kelompok Zebra berjalan secara bergerombol, Singa akan menjadi bingung untuk melacak dan menarget mangsa yang akan dikejar karena garis-garis hitam dan putih pada tubuh Zebra bergerak menyatu dengan kawanannya. Selain itu, garis-garis hitam putih pada Zebra dapat membantu mereka untuk mengenali satu sama lain karena garis-garis pada masing-masing Zebra tidak sama. Konsep yang mirip seperti sidik jari pada manusia.

Demikianlah penjelasan singkat tentang fungsi garis putih hitam pada tubuh Zebra. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Apa Fungsi Garis Putih Hitam Pada Kulit Zebra, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 21, 2013