Tau Gak Apa Fungsi Kuku

fungsi-kuku

Setiap orang pasti memiliki kuku pada tangan dan kaki mereka. Kamu tau gak terbuat dari apa kuku itu dan apa fungsi kuku di tangan dan kaki kamu? Baca terus ya artikel ini biar lebih paham apa fungsi kuku.

Beberapa orang berpikir bahwa kuku itu adalah bagian dari tulang. Tidak seperti itu. Kuku manusia terbentuk dari materi protein yang disebut dengan keratin. Bukan hanya manusia saja yang punya kuku, ada banyak hewan mamalia dan primata yang memiliki kuku dengan fungsi yang berbeda-beda.

Pada manusia, fungsi utama dari kuku adalah untuk melindungi ujung jari dan bagian sensitif yang ada di bawah kuku (distal phalanx). Selain itu, kuku juga berfungsi untuk membuat ujung jari kamu menjadi lebih kuat.

Artikel lain: Nyamuk lebih suka menggigit wanita

Berikut ini adalah bagian-bagian dari kuku manusia:

1. Batang kuku (nail plate)

Ini adalah bagian kuku yang sering kita lihat. Batang kuku adalah bagian yang paling keras diantara bagian kuku yang lain, bagian ini agak transparan sehingga kita bisa melihat pembuluh dara yang ada di bawahnya. Itu sebabnya kita melihat bagian luar kuku berwarna agak kemerahan. Bahan pembentuk kuku ini adalah materi protein yang bernama keratin.

2. Bagian Lunula

Kalau kamu perhatikan setiap kuku kamu, ada bagian yang berwarna putih melengkung. Bagian inilah yang disebut dengan Lunula. Lunula menunjukkan bahwa dibagian bawah kuku kamu masih ada bagian yang disebut matrix, dimana bagian ini memiliki fungsi untuk memproduksi sel kuku terus menerus. Inilah yang membuat kuku kamu bisa bertambah panjang.

3. Bagian akar kuku (root)

Pada bagian inilah kuku kamu menempel kuat. Dan bagian ini berfungsi untuk menahan kuku agar tetap berada pada posisinya.

4. Bagian Sinus

Sinus adalah tempat beradanya akar kuku. Bagian ini adalah pertemuan kulit kita dengan akar kuku.

5. Bagian Matrix

Matrix adalah bagian yang paling penting dari kuku. Pada bagian penting ini ada banyak sekali saraf, pembuluh darah, dan kelenjar penting. Matrix berfungsi untuk memproduksi sel yang menjadi batang kuku. Bagian inilah yang membuat kuku kita tidak pernah berhenti tumbuh.

6. Bagian Bantalan Kuku

Bagina ini adalah kulit yang berada di bawah batang kuku. Pada bagian luar bantalan kuku terdapat banyak pembuluh darah.

7. Bagian Hyponychium

Bagian ini adalah perbatasan antara kuku dengan bantalan kuku. Hyponychium membentuk lapisan pelindung seperti lem sehingga kuku tetap menempel pada bagian bantalan kuku. Bila kita memotong kuku terlalu pendek, bisa melukai bagian ini dan membuat kita merasa perih.

8. Bagian bebas (Free margin)

Bagian ini adalah kuku yang terlalu panjang dan melebihi ujung jari kamu. Kuku yang terlalu panjang biasanya akan mengganggu dan segera dipotong.

Demikianlah penjelasan singkat tentang fungsi kuku. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Apa Fungsi Kuku, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 22, 2013