Tau Gak Apa Fungsi Punuk Unta

apa-fungsi-punuk-unta

Sobat Sok Tau pasti pernah melihat hewan unta. Tidak seperti hewan berkaki empat lainnya, unta memiliki punuk di punggungnya. Tidak ada hewan lain yang memiliki punuk seperti yang dimiliki unta di punggung mereka. Punuk ini adalah bagian dari tubuh unta yang sangat penting.

Punuk pada awalnya hanya berupa kantung kulit yang kosong dan fleksibel ketika unta baru lahir. Namun, setelah hewan ini beranjak dewasa, pada punuk tersebut terbentuk jaringan lemak khusus dan membuat punuk tersebut terbentuk dan berisi.

Artikel lain: Kenapa kita mengeluarkan air mata saat mengiris bawang

Dengan bantuan oksigen hasil repirasi, lemak di dalam punuk unta tersebut bisa berubah menjadi air. Satu gram lemak di dalam punuk unta bisa menghasilkan satu gram air. Punuk inilah yang membuat unta dapat bertahan tidak makan hingga berhari-hari lamanya.

Lokasi tempat asal unta di padang pasir Afrika dan juga di timur tengah sangat sulit untuk menemukan makanan. Namun, berkat lemak di dalam punuknya, unta dapat berjalan jauh hingga berhari-hari tanpa makan dan minum dan tetap selamat.

Sejak jaman dahulu hingga sekarang, punuk unta ini membuatnya menjadi hewan yang sangat berguna bagi manusia. Unta lebih mudah dipelihara ketimbang binatang peliharaan lainnya karena tidak membutuhkan banyak makanan dan kuat mengangkut manusia dan barang. Unta berpunuk dua atau Bactrian digunakan manusia sejak 2500 SM di sekitar Iran Utara, Timur Laut Afghanistan, dan Pakistan Utara. Sementara itu, unta berpunuk satu atau Dromedary digunakan antara 4000 sampai 200 SM di Arab.

Demikianlah penjelasan singkat tentang punuk unta. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Apa Fungsi Punuk Unta, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 24, 2013