Tau Gak Apa Itu Efek Rumah Kaca

efek-rumah-kaca

Kamu pasti sering mendengar istilah global warming atau pemanasan global. Berita tentang pemanasan global sering kita lihat di berbagai media, seperti internet, televisi, koran, dan lainnya. Global warming ini membuat suhu udara di bumi semakin panas, sehingga es di kutub utara mencair, dan terjadi perubahan iklim.

Salah satu efek dari rumah kaca tersebut adalah terjadinya Global warming tersebut. Sebenarnya apa efek rumah kaca itu? Baca terus ya.

Artikel lain: Kenapa langit berwarna biru

Bumi kita diselubungi oleh atmosfir untuk melindunginya dari sinar matahari secara langsung. Menurut informasi dari wikipedia, ketika sinar matahari menerpa atmosfir bumi, energi matahari yang masuk ke bumi: 25% dipantulkan oleh zat atau awan ke atmosfir, 25% diserap oleh awan, 45% diserap oleh bumi, dan 5% dipantulkan kembali oleh bumi.

Sebelum industri bermunculan, temperatur bumi selama ribuan tahun hampir sama. Tapi karena kegiatan manusia selama seratus tahun terakhir ini membuat terjadi perubahan drastis pada permukaan atmosfir bumi. Karbon dioksida yang dihasilkan oleh industri-industri melayang ke udara dan membuat terjadi peningkatan jumlah CO2 (karbondioksida) di udar.

Karbon dioksida dan gas-gas lain yang ada di udara membuat sinar matahari tertahan dan terserap permukaan bumi. Inilah yang kemudian yang menyebabkan bumi kita semakin panas. Global warming ini terjadi dalam waktu yang sangat lama, dan bila dibiarkan akan membuat temperatur bumi kita semakin panas.

Demikianlah penjelasan singkat tentang efek rumah kaca. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Apa Itu Efek Rumah Kaca, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - November 19, 2013