Tau Gak Apa Itu Gempa Bumi

Gempa-Bumi

Kamu pasti ingat tentang peristiwa gempa bumi yang melanda Indonesia, yaitu di kota Jogjakarta beberapa waktu yang lalu. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan gempa bumi? Bagaimana proses terjadinya gempat bumi tersebut? Baca terus ya.

Gempa bumi adalah terjadinya guncangan bumi yang disebabkan adanya pergesaran atau tumbukan antar lempeng bumi, terjadi patahan karena aktivitas gunung berapi atau runtuhan bebatuan. Bumi memiliki lapisan-lapisan tipis yang kemudian menyusun permukaan bumi kita, disebut juga dengan lempeng. Patahan yang terjadi pada lempeng menimbulkan retak pada kerak bumi dimana kedua sisinya bergerak ke arah yang berlainan.

Artikel lain: Apa itu efek rumah kaca

Walaupun bumi kita berbentuk padat, bumi selalu bergerak. Jika pergerakan bumi sudah terlalu besar dan tidak mampu ditahan oleh lempeng tektonik bumi, maka akan terjadi gempa bumi. Gempa bumi atau guncangan bumi sebenarnya terjadi setiap hari, namun sebagian besar gempa tersebut tidak terasa. Alat yang bisa mencatat gempa bumi tersebut adalah seismograp. Alat ini bisa mengukur seberapa besar gempa bumi yang terjadi.

Dilihat dari penyebabnya, gempa bumi bisa dikelompokkan menjadi dua yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik adalah gempa yang terjadi karena adanya pergeseran atau pergerakan lapisan bumi yang sebelumnya berdekatan satu sama lain. Pergerakan lapisan bumi ini mengakibatkan benturan di dalam perut bumi sehingga mengakibatkan gempa atau guncangan.

Sedangkan gempa vulkanik adalah gempa yang diakibatkan oleh aktivitas gunung berapi. Tekanan magma di dalam perut gunung berapi mengakibatkan terjadinya letusan gunung dan mengeluarkan lahar panas dari perut gunung berapi. Gempa vulkanik bisa terjadi sebelum atau sesudah letusan gunung berapi.

Demikianlah penjelasan singkat tentang apa itu gempa bumi. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Apa Itu Gempa Bumi, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - November 25, 2013