Tau Gak Apa Itu Gravitasi

gravitasi

Pernah tidak kamu bertanya-tanya, kenapa setiap kali benda jatuh selalu jatuhnya ke bawah. Setiap kali kita melemparkan sebuah benda ke atas, pasti akan jatuh lagi ke bawah. Ada sebuah gaya yang disebut dengan gaya gravitasi yang membuat kita selalu ditarik ke bawah.

Semua benda pasti memiliki gaya gravitasi yang akan menarik mereka ke arah bawah (bumi). Semakin berat massa sebuah benda, maka akan semakin besar gaya gravitasi benda tersebut.

Artikel lain: Cara menghilangkan kapalan

Bumi kita yang berbentuk bola raksasa memiliki gravitasi yang besar dan akan menarik semua benda yang ada disekitarnya. Walaupun kita berada di bagian bawah bola bumi, kita tidak akan terjatuh ke luar bumi karena gaya gravitasi bumi yang terjadi adalah mengarah ke pusat bola bumi kita.

Manusia dan benda-benda lain yang ada di dalam bumi ini memiliki gaya gravitasi masing-masing. Lalu kenapa benda-benda kecil di sekitar kita tidak menempel ke tubuh kita. Ini karena gaya gravitasi bumi kita jauh lebih besar dibandingkan dengan gaya gravitasi tubuh kita.

Lalu bagaimana dengan burung, pesawat terbang, roket, dan balon udara? Kenapa mereka tidak ditarik oleh gaya gravitasi? Sebenarnya mereka juga ditarik oleh gaya gravitasi, namun karena mereka memiliki kemampuan / gaya melawan gaya gravitasi bumi, mereka dapat melayang di udara.

Demikianlah penjelasan singkat tentang gravitasi. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Apa Itu Gravitasi, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - December 18, 2013