Tau Gak Apa Itu Karamelisasi

proses-karamel

Banyak dari antara kita yang belum pernah mendengar tentang karamelisasi. Namun, bagi mereka yang suka memasak pasti sudah biasa dengan cara karamelisasi. Proses karameliasasi adalah cara untuk membuat bahan makanan menjadi coklat dan menjadi manis.

Sebenarnya ini hanya sebuah sebutan untuk proses membuat bahan makanan yang mengandung gula menjadi berwarna coklat. Coba kamu perhatikan, ketika kita memanaskan gula dengan suhu tinggi, gula tersebut akan mencair dan berwarna bening. Namun jika dipanaskan terus, warnanya akan berubah menjadi kekuningan dan kemudian menjadi kecoklatan, lalu akan berubah lagi menjadi berwarna coklat. Proses inilah yang disebut dengan karamelisasi.

Artikel lain: Siapa penyumbang oksigen terbesar di bumi

Dan hasilnya yang memiliki aroma dan rasa yang khas itu sering dikenal sebagai karamel. Lalu, sebenarnya apa sih yang terjadi ketika gula dipanaskan sehingga menjadi berwarna kecoklatan? Ketika gula dipanaskan, molekul-molekulnya akan membentuk molekul-molekul baru yang lebih besar lagi. Dalam bahasa kimianya adalah molekul polimer. Nah, molekul polimer tersebutlah yang membuat gula yang dipanaskan menjadi berwarna kecoklatan.

Apa yang terjadi pada makanan yang mengandung protein dan gula jika dipanaskan? Bahan makanan yang mengandung protein dan gula tetap bisa dibuat menjadi berwarna kecoklatan. Namun, reaksi yang terjadi pada bahan makanan tersebut berbeda dengan reaksi yang terjadi pada bahan makanan yang hanya mengandung gula.

Makanan yang mengandung protein dan gula, sepertu roti, daging, bawang merah, dan lainnya, akan bereaksi dengan molekul nitrogen pada protein ketika dipanaskan. Inilah salah satu reaksi bahan kimia yang sampai sekarang belum bisa diidentifikasi, yang dapat membuat bahan makanan yang mengandung gula dan protein dapat dicoklatkan. Proses pencoklatan yang terjadi pada makanan yang mengandung protein dan gula ini disebut dengan reaksi Mallard, bukan proses karamelisasi.

Demikianlah penjelasan singkat tentang karamelisasi. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Apa Itu Karamelisasi, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - September 12, 2013