Tau Gak Apa Itu Sinar Laser

sinar-laser

Kamu pasti pernah menonton film Star Wars. Mereka menggunakan senjata laser untuk berperang melawan musuh. Kamu ingat ga ketika Timnas Sepak Bola Indonesia melawan tim sepak bola Malaysia di piala AFF beberapa waktu yang lalu? Beberapa penonton mengganggu jalannya pertandingan dengan mengarahkan sinar laser ke arah pemain.

Kata laser adalah singkata dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation. Dalam bahasa Indonesia berarti cahaya yang diperkuat oleh pancaran radiasi yang terstimulasi. Jadi, sinar laser itu adalah hasil pancaran radiasi. Cahaya yang dihasilkan oleh teknologi laser memiliki beberapa karakteristik, diantarnya monokromatik (satu panjang gelombang yang spesifik), koheren (pada frekuensi yang sama), dan mengarah ke satu tujuan yang sama dan membuat cahayanya sangat kuta, terkoordinir, dan terkonsentrasi dengan baik.

Artikel lain: Kenapa pesawat terbang tidak tersambar petir

Ada beberapa media yang bisa digunakan untuk menghasilkan sinar laser, diantaranya adalah solid state laser (menggunakan bahan padat seperti batu ruby), dan gas laser (gas helium, CO2, neon). Sinar laser juga dapat dihasilkan dari laser dioda, yaitu kepingan alat elektronik yang bekerja menurut reaksi atom-atom ketika dirinya dialiri arus listrik.

Kalau kamu belum tahu, sinar laser itu sangat berguna lho bagi umat manusia. Salah satunya adalah dibidang kedokteran yang menggunakan sinar laser untuk mendiagnosa dan membantu menyembuhkan penyakit. Pada bidang industri sinar laser digunakan untuk memotong baja, pengelasan, dan pengeboran. Sedangkan di toko sinar laser digunakan untuk menghitung total harga barang yang dibeli pelanggan.

Teknologi sinar laser juga sering digunakan untuk ligthgting panggung dan pertunjukaan agar terlihat lebih menarik. Sinar laser juga digunakan untuk membaca kepingan DVD yang biasa kita tonton. Selain yang sudah disebutkan, ada banyak sekali manfaat sinar laser yang bisa kita dapatkan sehari-hari.

Namun, walaupun sinar laser punya segudang manfaat, dia juga punya resiko yang cukup berbahaya bagi kita. Sinar laser dayar rendah yang biasa kita temukan pada mainan anak-anak dan juga pointer presentasi bisa menyebabkan kerusakan mata. Karena itu jangan pernah mengarahkan pointer ke arah mata. Sedangkan untuk laser berdaya besar bisa sangat mematikan. Jadi kita harus berhati-hati dalam menggunakan laser.

Demikianlah penjelasan singkat tentang sinar laser. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Apa Itu Sinar Laser, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 26, 2013