Tau Gak Apa Manfaat Cabai Merah Untuk Kesehatan

manfaat-cabai-merah

Kebanyakan orang Indonesia suka dengan makanan berbumbu pedas. Dan biasanya setiap menu masakan orang Indonesia selalu dilengkapi dengan bumbu cabai atau saus cabai. Bahkan makanan camilan pun kebanyakan selalu ditemani oleh si kecil pedas cabai rawit.

Ternyata, selain disukai oleh banyak orang sebagai bumbu masakan, cabai juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.  Berikut ini adalah beberapa manfaat cabai untuk kesehatan kita:

Artikel lain: Manfaat singkong untuk kesehatan tulang dan jantung

1. Dapat Melawan Radang

Kandungan zat yang terdapat pada cabai terkenal mampu melawan radang. Zat tersebut adalah kapasaisin yang dapat menghambat neuropeptida yang menjadi sumber awal peradangan. Krim atau salep yang dibuat mengandung kapsaisin banyak digunakan untuk mengobati masalah nyeri rematik atau nyeri sendi.

2. Membantu Melegakan Pernapasan

Rasa pedas yang ditimbulkan oleh cabai akan merangsang cairan dalam saluran pernafasan (sekresi) untuk membersihkan hidung yang tersumbat dan sinus. Selain itu, lendir yang berasal dari hidung dan paru-paru dapat dibersihkan dengan cara mengkonsumsi cabai merah.

3. Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ternyata cabai merah banyak mengandung vitamin C yang akan meningkatkan kekebalan tubuh kita. Selain itu, cabai merah juga mengandung vitamin B, vitamin A, yang bila dikombinasikan dengan vitamin C tentunya akan dapat melindungi tubuh kita dari serangan berbagai jenis penyakit. Misalnya penyakit flu, pilek, dan batuk.

4. Membantu Jantung Lebih Sehat

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah seseorang dan menurunkan trigliserida, kita bisa menggunakan cabai merah. Salain itu, zat pembetukan pembekuan darah di dalam tubuh kita (fibrin) bisa juga di larutkan dengan menggunakan cabai. Ini akan membantu menjaga sistem peredaran darah dan jantung menjadi lebih baik.

5. Menjaga Berat Badan

Tubuh seseorang akan terasa lebih hangat ketika dia makan cabai. Ini adalah efek termogenik atau produksi panas dalam tubuh kita yang efeknya sama seperti saat kita olah raga. Cabai juga bisa membantu proses pencernaan menjadi lebih cepat dan menjaga metabolisme tubuh.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Apa Manfaat Cabai Merah Untuk Kesehatan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 31, 2013