Tau Gak Apa Menu Seafood Teraneh di Dunia

menu-seafood-teraneh-di-dunia

Banyak orang yang menyukai seafood. Berbagai jenis makanan laut yang diolah dengan cara digoreng, dibakar, dan dengan berbagai bumbu telah menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Ternyata cara mengolah seafood di tempat lain sangat berbeda dengan di Indonesia, bahkan beberapa tempat di dunia mengolah seafood dengan cara yang aneh.

Ini dia beberapa menu seafood dari negara lain:

Artikel lain: Pemilik kumis terpanjang di dunia

1. Menu Ikan Kembung

Ikan kembung sebenarnya mengandung racun yang disebut dengan tetrodotoxin yang berada pada duri-duri dan dagingnya jika diolah dengan cara yang salah. Ternyata daging ikan kembung ini dijual dengan harga yang mahal di banyak restoran Jepang. Namun dari sekian banyak restoran tersebut, hanya sebagian saja yang bisa mengolah ikan kembung tanpa menyebabkan pelanggannya keracunan.

2. Menu fermentasi ikan hiu

Walaupun ikan hiu tidak lazim untuk dikonsumsi, di beberapa negara ikan hiu dikonsumsi dengan cara difermentasi terlebih dahulu. Pengolahannya dengan cara mengubur ikan hiu di dalam pasir dan membiarkannya matang secara alami di dalam pasir. Proses fermentasi ini bisa menghabiskan waktu selama 6 bulan. Ikan hiu ini disajikan dengan kentang dan anggur.

3. Menu Mata Ikan

Menu makanan yang cukup ekstrim ini berasal dari Filipina. Makanan ini biasanya disajikan masih segar, terlihat masih mentah, dan mata ikan ini katanya memberikan rasa juicy dalam setiap gigitan. Apa kamu mau mencoba menu yang terkenal di Filipina ini?

4. Menu Udang Mabuk

Menu ini adalah udah yang sebenarnya masih hidup dan dalam keadaanya sekarat atau nyaris mati. Udang tersebut disajikan dalam rendaman wine sehingga kita bisa melihatnya bergerak-gerak. Cara makannya dimulai dengan memisahkan kepalanya dari badannya, lalu memakan tubuh udang hidup tersebut dengan saus khusus.

5. Menu Gurita hidup

Menu gurita hidup sangat populer di Korera dan disebut dengan Sannakji Hoe. Dalam menu ini terdapat gurita kecil yang dihidangkan bersama dengan arak atau wine. Gurita tersebut ditelan dalam kondisi masih hidup. Nah ketika kita menelan, tentu gurita ini akan memberikan perlawanan jika tidak segera ditelan. Gurita ini akan memegang bagian bibir dan berontak… menggelikan bukan?

6. Bulu babi

Kamu mungkin pernah melihat bulu babi secara langsung di laut dangkal. Jangan sembarangan menangkapnya ya, karena sengatannya bisa membuat kulit gatal-gatal. Makanan dari bulu babi ternyata banyak disukai orang. Mereka memakan bulu babi mentah-mentah dengan mengeluarkan dagingnya terlebih dahulu dari cangkang.

7. Ikizukuri

Menu makanan ini adalah sashimi yang terbuat dari berbagai seafood. Tapi tunggu dulu, sashimi ini terbuat dari berbagai jenis hewan laut seperti ikan, gurita, lobster atau udang, dan semua dalam keadaan masih hidup. Tertarik mau mencobanya?

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Apa Menu Seafood Teraneh di Dunia, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - November 7, 2013