Tau Gak Apa Penyebab Kram Saat Bangun Tidur

kaki-kram-saat-bangun-pagi

Kaki kram bisa terjadi pada siapa saja, dan biasanya akan membuat orang yang menderitanya merasa kesakitan dan tidak nyaman. Kaki kram bisa terjadi saat kita baru bangun tidur, dimana kita merasakan kontraksi pada otot selama beberapa detik atau bahkan menit, dan membuat kita kesakitan.

Otot yang menegang secara tiba-tiba akan mengakibatkan kram, biasanya kita mengalami kram pada betis ketika malam hari. Namun, kram ini sering juga terjadi ketika pagi hari ketika kita baru bangun.

Artikel lain: Kenapa kucing takut air

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh National Medical Society, mereka mengatakan bahwa otot pada bagian kaki dan betis menjadi lebih pendek ketika kita sedang tidur. Kondisi inilah yang kemudian membuat seseorang mudah mengalami tegang otot atau kram.

Kram sering terjadi pada saat seseorang melakukan kegiatan olah raga di malam hari. Sampai saat artikel ini ditulis, belum diketahui penyebab pasti terjadinya kram tersebut. Hal lain yang bisa membuat seseorang mengalami kram adalah ketika dia sedang dehidrasi.

Kekurangan asupan mineral tertentu dapat membuat seseorang mengalami tegang otot pada bagian kaki. Beberapa mineral tersebut adalah kalsium, potasium, sodium. Selain itu, masalah kram bisa juga terjadi karena peredaran darah pada otot kita terganggu, bisa disebabkan beberapa hal, misalnya terlalu lama duduk atau tidur.

Lalu bagaimana cara mangatasi kram tersebut? Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kram:

  1. Lakukan peregangan dengan memijat otot pada bagian yang kram
  2. Bungkus bongkahan es batu dengan kain, lalu tempelkan pada bagian otot yang mengalami kram
  3. Mengkompres dengan air hangat, atau menempelkan koyo untuk mengendurkan otot yang tegang
  4. Banya minum air putih
  5. Dengan menggoyang-goyangkan bagian otot yang kram
  6. Bila kram terjadi sangat sering maka kamu perlu berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik

Demikianlah penjelasan singkat penyebab kram pada kaki saat bangun tidur. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Apa Penyebab Kram Saat Bangun Tidur, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 17, 2013