Tau Gak Apa Penyebab Mata Kedutan

kedutan-mata

Halo Sobat Sok Tau. Apakah kamu pernah mengalami mata berkedut? Hampir semua orang pernah merasakan mata kedutan. Banyak orang menganggap bahwa mata berkedut adalah sebuah pertanda orang tersebut akan mendapatkan sebuah masalah atau bisa juga akan mendapatkan rezeki. Benarkah seperti itu?

Kedutan yang terjadi pada mata manusia biasanya terjadi hanya bebeberapa detik atau menit saja. Seorang pakar mata dari Contacy Lens and Cornea Section of The American Optometric Association, Burt Dubow, OD, FAAO, mengatakan bahwa kedutan pada mata bukanlah sebuah masalah medis yang serius.

Artikel lain: Penyebab kram saat bangun tidur

Mata berkedut terjadi karena adanya kontraksi yang melibatkan otot orbicularis oculi. Biasanya ini terjadi karena adanya kontraksi sesaat pada serabut saraf di dalam otak kita. Pada saat itu, mata mengalami kejang sesaat karena adanya denyutan pembuluh darah yang tiba-tiba seperti mengalami sebuah kontraksi yang menimbulkan adanya aliran listrik melalui nerveus facialis.

Jika kedutan terjadi secara terus menerus dan dalam waktu yang cukup lama, bahkan gerakannya tidak dapat ditangani, maka mata berkedut bisa menjadi sebuah masalah yang berbahaya. Kita tidak dapat mengetahui persisnya kapan mata akan mengalami kedutan. Namun, ada beberapa faktor yang sering menjadi penyebab mata berkedut.

1. Karena stress

Mata kedutan bisa jadi salah satu pertanda bahwa kamu sedang stress. Untuk membantu mengatasinya, kamu bisa mengurangi penyebab stress yang kamu alami.

2. Karena kelelahan

Kejang pada kelopak mata bisa terjadi karena seseorang kurang tidur. Sebaiknya hindari kebiasaan bergadang untuk membantu mengurangi masalah mata kedutan tersebut.

3. Karena mata lelah

Mata kedutan bisa juga karena mata sudah kelelahan. Misalnya ketika kamu bekerja terlalu lama di depan monitor komputer, atau terlalu lama menonton TV. Hindari kebiasaan tersebut untuk membantu mengatasi masalah mata berkedut.

4. Karena kafein dan Alkohol

Makanan dan minuman yang mengandung kafein dan alkohol ternyata bisa juga memicu terjadinya mata berkedut. Ini terjadi ketika seseorang mengkonsumsi kafein atau alkohol dalam jumlah yang berlebihan.

5. Karena mata kering

Mata kering bisa dialami oleh mereka yang terlalu sering berada di depan monitor komputer, karena proses penuaan, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, dan menggunakan contact lens.

6. Karena ketidakseimbangan Nutrisi

Berdasarkan beberapa laporan menunjukkan bahwa mereka yang kurang gizi tertentu. Kekurangan magnesium sering mengalami masalah kejang pada kelopak mata.

7. Karena alergi

Biasanya orang yang alergi sering mengalami gejala gatal, mata bengkak, dan mata berair. Ketika mereka menggosok mata karena merasa gatal, maka akan mengeluarkan histamin di dalam mata dan memicu keluarnya air mata. Histamin ini bisa membuat kelopak mata seseorang bergerak-gerak tidak terkendali.

Demikianlah penjelasan singkat penyebab mata kedutan yang dialami seseorang. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Apa Penyebab Mata Kedutan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 19, 2013