Tau Gak Apa Penyebab Orang Bicara Cadel

penyebab-cadel

Beberapa teman sobat Sok Tau mungkin punya masalah ketika mengucapkan huruf terntetu. Misalnya kesulitan ketika mengucapkan huruf R sehingga menyebutnya dengan huruf L, huruf K jadi huruf D, atau huruf S jadi huruf T. Di Indonesia ini biasanya disebut dengan cadel.

Biasanya orang yang sudah berada pada usia balita sudah mulai bisa mengucapkan kata atau hurup konsonan dengan sempurna. Otot-otot lidah manusia sudah mulai matang ketika kita berusia tiga hingga empat tahun. Namun, ada beberapa orang yang mengalami masalah sehingga lidahnya tidak bisa mengucapkan huruf konsonan tertentu dengan baik.

Artikel lain: Kenapa kulit bunglon bisa berubah warna

Beberapa orang yang sudah dewasa ternyata ada juga yang cadel, kenapa ya? Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa orang bicaranya cadel:

1. Ketika mengucapkan huruf konsonan tertentu, seperti R, kita memerlukan koordinasai antara langit-langit mulut, lidah, dan bibir. Kerjasama yang tidak baik antara langit-langit mulut, lidah, dan bibir bisa menjadi penyebab kecadelan pada seseorang.

2. Kebiasaan berbicara cadel sejak kecil yang dianggap lucu oleh orang tua bisa juga menjadi penyebab cadel ketika seseorang telah dewasa karena pengucapan sejak kecil tersebut sudah dianggap benar oleh si anak.

3. Meniru kebiasaan bicara yang cadel dari orang lain bisa juga menjadi penyebab cadelnya seseorang. Misalnya kita ingin menarik perhatian orang lain dengan cara berbicara cadel. Kebiasaan ini dilakukan terus menerus yang akhirnya membuat orang tersebut menjadi benar-benar cadel.

4. Cadel karena adanya kelainan fisiologis:

  • Gangguan pendengaran: kerusakan pada organ pendengaran membuat informasi yang masuk ke telinga menjadi berkurang dan diterima dengan tidak sempuran.
  • Gangguna dalam otak: perkembangan yang lambat pada otak, atau adanya radang selaput otak dapat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam berbicara.
  • Kelainan pada mulut: cadel bisa juga disebabkan karena adanya kelainan pada area mulut, misalnya bibir sumbing, lidah terlalu pendek, rahang terlalu lebar, langit-langit mulut terlalu tinggi.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa kenapa orang bisa bicara cadel. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Apa Penyebab Orang Bicara Cadel, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 13, 2013