Tau Gak Apa Penyebab Seseorang Mengalami Cegukan

penyebab-cegukan

Semua orang pasti pernah mengalami cegukan. Lagi asik makan camilan pedas, eh tiba-tiba cegukan, meyebalkan ya! Cegukan seringkali datang tiba-tiba dan membuat kegiatan kita menjadi terganggu. Lalu, kenapa sih kita mengalami cegukan?

Cegukan adalah hal yang normal dan bisa terjadi pada siapa saja. Jika cegukan yang kamu alami hanya sementara berarti kondisi ini bukanlah sebuah gejala penyakit berbahaya.

Artikel lain: Misteri tidur sambil berjalan

Gangguan yang terjadi pada organ-organ yang berada dekat diafragma bisa membuat seseorang mengalami cegukan sementara. Ketika terjadi sebuah rangsangan yang tiba-tiba dan kuat dan membuat organ-organ tubuh melibatkan saraf frenikus, sehingga saraf tersebut akan merangsang kontraksi diafragma yang kemudia membuat seseorang mengalami cegukan.

Karena adanya kontraksi otot diafragma, udara yang masuk ke dalam paru-paru akan dikeluarkan dengan segera dan secara tiba-tiba. Lalu, udara yang dikeluarkan tersebut akan membenur epiglottis (katup saluran bernafas) yang tertutup, inilah kemudian yang membuat seseorang cegukan.

Biasanya cegukan terjadi saat kadar C02 (karbon dioksida) di dalam darah mengalami penurunan drastis. Selain itu, makanan pedas, minuman bersoda, perubahan suhu yang tiba-tiba, alkohol, terlalu cepat makan atau minum, terlalu keras saat tertawa atau batuk, stress, merokok, atau kurang seimbanya cairan dalam tubuh, bisa menyebabkan munculnya cegukan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi cegukan, antara lain menahan napas yang membuat kadar CO2 dalam dara meningkat. Cara lainnya adalah bernafas dalam plastik atau kantong kertas, ini juga upaya untuk meningkatkan kadar karbondioksida dalam darah sehingga menekan aktifitas saraf di otak kamu yang membuat seseorang cegukan. Selain itu, cegukan juga bisa diatasi dengan menelan satu sendok tek gula pasir kering. Gula yang ada di dalam mulut akan segera mengirimkan sinyal melalui serabut saraf yang nantinya akan menganggu lengkung refleks cegukan.

Akan tetapi, kamu harus memperhatikan kondisi cegukan yang terjadi karena cegukan bisa juga sebagai sinyal yang menandakan bahwa ada masalah serius di dalam tubuh kamu, seperti penyakit ginjal, masalah di perut, hati, tumor pada batang otak, gejala stroke, dan infeksi pada saraf pusat. Kalau ini terjadi, maka penanganan yang sederhana tidak akan bisa mengatasi masalah cegukan, dan harus segera diatasi oleh seorang dokter.

Demikianlah penjelasan singkat tentang penyebab seseorang mengalami cegukan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Apa Penyebab Seseorang Mengalami Cegukan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 16, 2013