Tau Gak Apa Saja Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat-kunyit

Kunyit adalah salah satu tanaman rempah dan obat yang banyak ditemukan di Asia Tenggara, termasuk di negara kita. Kebanyakan dari kita pasti sudah mengenal kunyit. Rempah yang satu ini biasa digunakan sebagai bumbu masakan dan juga jamu untuk menjaga kesehatan.

Di dalam kunyit terdapat senyawa kimia yang disebut dengan kurkumin. Kandungan senyawa kimia ini sangat berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan antara lain:

Artikel lain: Manfaat sarapan pagi dengan sari Lemon

1. Mengatasi bau amis saat menstruasi

Buat kamu yang sedang menstruasi, kamu sangat dianjurkan untuk minum sari kunyit asam. Kandungan yang terdapat pada kunyit dapat membuat proses menstruasi menjadi lebih lancar dan mengatasi bau amis saat menstruasi.

2. Meredakan sakit maag

Kunyit juga punya khasiat mengatasi masalah pencernaan, misalnya penyakit maag. Kandungan dalam kunyit dapat mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri, dan membantu meredakan perih pada lambung.

3. Menyembuhkan batuk

Kunyit bisa digunakan sebagai obat alternatif untuk membantu menyembuhkan penyakit batuk yang tidak kunjung reda. Seduh kunyit yang sudah direbus dengan jahe dan gula merah, lalu diminum setiap hari sampai sakit batuk kamu sembuh.

4. Menyembuhkan amandel

Tau gak, masalah tenggorokan bisa menyebabkan kematian lho. Tubuh kita akan merasa tidak nyaman jika amandel dibiarkan terus menerus. Minumlah air kunyit yang dicampurkan dengan madu murni dan jeruk nipis. Minum setiap hari sampai amandel sembuh.

5. Menghambat pertumbuhan tumor

Kandungan dalam kunyit dapat menghambat pertumbuhan sel tumor dan kanker. Kurangi makanan yang berlemak dan rajin minum air kunyit akan menghambat pertumbuhan tumor.

6. Menyembuhkan jerawat

Kunyit dapat memutihkan, menghaluskan kulit, dan juga bisa menyembuhkan jerawat. Kunyit bisa digunakan sebagai masker, ataupun diminum langsung, khasiatnya akan menghilangkan jerawat dari wajah kamu.

7. Memperlancar ASI

Bagi ibu menyusui, kamu bisa mengkonsumsi kunyit untuk memperlancar ASI. Tapi pastikan mengkonsumsi kunyit yang dibuat sendiri dan bukan dari minuman instant yang mengandung bahan pengawet karena kandungan pengawet ini tidak baik untuk janin.

Demikianlah penjelasan tentang manfaatkuniyt untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Apa Saja Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - December 10, 2013