Tau Gak Apa Yang Bisa Membuat Gigi Jadi Kuning

yang-membuat-gigi-jadi-kuning

Gigi adalah bagian penting dalam tubuh kita. Selain fungsinya untuk memotong dan menghancurkan makanan di mulut, gigi juga sangat penting untuk menjaga penampilan seseorang jadi lebih menarik. Gigi yang putih bersih adalah dambaan banyak orang, dan kebanyakan orang akan mengupayakan banyak cara untuk menjaga kebersihan gigi mereka.

Berikut ini adalah beberapa penyebab gigi berwarna kuning, jadi kamu sebaiknya memperhatikannya:

1. Kopi dan Teh

Kedua minuma ini adalah minuman favorit banyak orang. Namun, kopi dan teh diketahui dapat membuat gigi kamu menjadi berwarna kekuningan. Ini karena warna pekat pada minuman kopi dan teh menempel pada bagian gigi dan sulit untuk dibersihkan. Sebaiknya jangan terlalu sering minum kopi dan teh, selain itu tetaplah membersihkan gigi dengan teratur setelah minum kopi atau teh.

2. Warna Dasar Gigi

Tiap gigi orang tidak selalu berwarna putih bersih. Ini karena warna dasar gigi pada masing-masing orang tidak sama. Beberapa orang memiliki warna dasar gigi putih, namun beberapa orang lainnya memiliki warna dasar gigi yang agak kekuningan. Warna ini bisa dipengaruhi oleh proses pembentukan tulang, dan karena adanya kelainan genetika.

3. Pengaruh Bahan Kimia dan Obat-Obatan

Bahan-bahan kimia dan obat-obatan diketahui dapat membuat gigi kamu menjadi kekuningan. Terkadang hal ini tidak dapat dihindari karena beberapa orang harus minum obat tersebut untuk kesembuhan penyakitnya, dan di sisi lain obat-obatan itu kemudian membuat giginya menjadi kekuningan.

4. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok adalah penyebab yang sering membuat gigi menjadi jelek. Ini karena nikotin yang terkandung dalam rokok tersebut menempel pada mulut dan gigi secara terus menerus sehingga meninggalkan warna yang kekuningan dan agak kehitaman. Jarang kita temui perokok yang memiliki gigi putih dan bersih. Selain itu, merokok juga bisa menyebabkan masalah pada paru-paru, jantung, dan masalah kesehatan lainnya.

5. Faktor Usia

Usia dapat mempengaruhi penampilan gigi kita. Semakin bertambahnya usia maka akan terjadi perubahan pada bagian-bagian tubuh kita, termasuk pada warna gigi. Namun, hal ini sebenarnya bisa dihindari jika kita rajin melakukan perawatan gigi dan memeriksa gigi ke dokter.

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu penjelasan tentang apa saja yang bisa membuat gigi menjadi kuning. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Apa Yang Bisa Membuat Gigi Jadi Kuning, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 8, 2013